Daftar Kategori: Berita


MENGENAL HUKUM KELUARGA LEBIH DALAM
Abadi Wijaya Jumat, 21 September 2018 . in Berita . 64 views
1630_syariah.jpg

GEMA-Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan seminar internasional, Kamis (20/9). Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Syariah beserta dengan Dosen dan staf. Acara ini didatangi dua narasumber profesional dalam bidang Hukum Keluarga Islam dan konvensional, Prof. Dr. Muhammad Amin Suma dan Dr. Dorothee Schulze.
Prof. Amin memaparkan dalam seminar, bahwa landasan hukum Islam adalah Al-Quran dan Al-Hadits. “Tujuan dari landasan hukum islam dalam keluarga adalah menciptakan keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah.” Tegas profesor pakar hukum dan HAM ini. Bahkan tidak ada UUD Negara yang melegalkan pernikahan sejenis sampai saat ini. Dikarenakan melanggar tatanan dan aturan kehidupan sosial. Sama halnya dengan negara German, “Menjaga nilai keluarga dan kesejahteraan anak adalah tujuan dari Hukum Keluarga.” Ungkap Dorothee pakar Hukum Keluarga di German ini.
Pada dasarnya baik dari hukum islam dan hukum konvensional dalam pernikahan memiliki tujuan yang sama. Hanya dalam beberapa hal biasa terjadi perbedaan dalam memahami pernikahan itu sendiri. Seperti administratif, mekanisme, dan adat kebiasaan masyarakat. “Bukan berarti perbedaan dalam sudut ini merubah esensi dan tujuan dari pernikahan itu sendiri.” Tambah prof. Terbaik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.
Diakhir paparan seminar dari kedua narasumber ini menyampaikan bahwa, baik di negara German dan di Indonesia sama-sama memiliki tingkat perceraian yang tinggi. Hal yang mendasar dari problem ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat atas arti keluarga dan tujuan pernikahan itu sendiri. (ofi)

Lebih Lanjut »
AICIS 2018: HASIL PEMIKIRAN YANG BERMANFAAT
Iffatunnida Jumat, 21 September 2018 . in Berita . 66 views
1629_opening-aicis.jpg

GEMA-Kota Palu menjadi tuan rumah Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018. Bertema “Islam in a Globalizing World: Text, Knowledge, and Practice”, STAIN Datokarama, Palu terpilih menjadi (18-20/9) pengelola wadah berkumpulnya cendekiawan lokal dan internasional ini. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka perhelatan akbar tahunan Kementerian Agama tersebut di Hotel Mercure.
Ia berharap, hasil diskusi dalam konferensi internasional ini menguatkan program di lingkungan Kemenag. Khususnya dalam transformasi PTKIN dimana STAIN berubah menjadi IAIN dan kemudian universitas. “Kita harap semakin banyak perguruan tinggi yang fokus pada integrasi keilmuan melalui berbagai riset,” imbuhnya.
Tak hanya manfaat bagi institusi pendidikan, hasil pemikiran para cendekiawan diharapkan dapat memecahkan beragam persoalan di masyarakat. Baik itu permasalahan sosial, adat, maupun keagamaan seperti maraknya intoleransi belakangan ini.
Bersamaan dengan pelaksanaan AICIS 2018, pameran pendidikan pun digelar di kawasan kampus IAIN Datokarama Palu. Peserta pameran ialah perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. Tak hanya itu, pihak kampus juga menggelar pameran bagi setiap fakultas di tempat yang sama. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
MAHASISWA BIDIKMISI WAJIB BERPRESTASI
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 96 views
1628_opening-bidikmisi.jpg


GEMA-Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi (KBMB) menyelenggarakan agenda sambut mahasiswa baru bidikmisi di Ged. Rektorat Lantai 5 UIN Malang, (15/9).
Taaruf Mahasiswa Bidikmisi ini merupakan agenda sosialisasi kepada 183 mahasiswa baru dari berbagai jurusan yang dibina oleh kemahasiswaan dan di hadiri oleh Prof.Abdul Haris,M.Ag selaku Rektor UIN Malang, Gus Isyroqunnajah (Wakil Rektor 3), Bagian Kemahasiswaan, Pembimbing KBMB, dan alumni KBMB.
Dalam sambutannya Bp Prof Abd. Haris, M.Ag memotivasi para peserta. “Restasi tidak hanya diukur melalui nominal yang didapat, akan tetapi berprestasilah di segala bidang kehidupan kalian.” yang artinya memaksimalkan ilmu yang dimiliki agar bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas.
“Saya berharap dengan adanya ta’aruf mahasiswa bidikmisi ini dapat membantu mahasiswa baru dalam menjalankan amanah yang akan diemban selama 8 semester, melalui proker yang telah disampaikan,” ujar M Gus Ahlu Naja KBMB semester 3 Jurusan PAI.
Dika Frantiko Ketua Pelaksana Ta’aruf Mahasiswa Bidikmisi pun menuturkan, dan pula dengan ada agenda-agenda KBMB dapat menambah kerukunan dan komunikasi, sebab kita adalah satu keluarga.
Seusai sambutan yang disampaikan oleh Pak Rektor di lanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda simbiolik bahwa resmi dibukanya Pembukaan Ta’aruf Mahasiswa Bidikmisi. (syf)

 

Lebih Lanjut »
PECAHKAN MASALAH KONTEMPORER
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 126 views
1627_bertahan.jpg


GEMA-Unit Turots Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang putuskan hasil rumusan permasalahan Hukum Keluarga dalam Hillul Masail Al Muashirah (HMM), Sabtu (15/9). Acara yang diadakan di halaqah mahad putra ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah, Himpunan Alumni Mahad, dan dibuka untuk umum.
Acara rutin bulanan Unit Turost kali ini membahas tentang suatu kejadian nyata yang dialami oleh subyek Hukum Keluarga di daerah Aceh. Seorang dokter sebagai istri memiliki empat anak, suatu ketika istri selingkuh dengan laki-laki. Suami dari istri tersebut mengucapkan kalimat talak Thollaktuki sebanyak tiga kali. Kemudian istri tadi menikah sirri dengan selingkuhanya. Agar pernikahan sirri dapat diakui oleh negara ia meminta cerai dari suami sahnya di pengadilan. Tetapi suaminya tidak menghendaki perceraian tersebut. Akhirnya hakim pengadilan menjatuhkan talak raj’i terhadap keduanya. Selesai putusan persidangan oleh hakim suami sah tersebut menyetubuhi istrinya. Maskipun ia telah mengucapkan talak ba’in terhadap istrinya.
Setelah dimusyawarahkan dan dirumuskan masalah dari kejadian ini, perumus dan musohih yaitu Ahmad Izzuddin, M.HI dan Ahmad Samthon, M.HI. terdapat tiga point dalam perumusan masalah ini yaitu, pertama talak yang terjadi pada istri adalah talak ba’in karena hakim tidak dapat menjatuhkan talak raj’i jika suami sudah menjatuhkan talak ba’in terhadap istrinya. Kedua, jika talak sudah jatuh secara syar’i dan masa tunggunya sudah habis, maka nikah sirrinya dihukumi sah secara agama. Dengan syarat nikah sirrinya sesuai dengan syarat dan rukun yang sudah ditetapkan agama. Ketiga, perbuatan suami dalam menyetubuhi istrinya termasuk perzinahan karena suami telah menjatuhkan talak ba’in dan istri belum bercerai degan istri barunya.
Perumus menambahkan solusi melihat kasus seperti ini sering terjadi dalam Pengadilan Agama. Hakim harus mengklarifikasi lebih dalam saat proses persidangan.(ofi)

Lebih Lanjut »
PERTAHANKAN KIPRAH PRESTASI MAHASISWA UIN
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 40 views
1626_pemenang.jpg


GEMA-Sukarabic Festival, yang diadakan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin-Rabu (9-12/9). Festival tingkat nasional ini diikuti oleh seluruh Universitas di Indonesia, bahkan tahun ini Universitas Sains Islam Malasysia USIM turut menjadi peserta. Termasuk delegasi dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Acara yang diadakan oleh Himpunan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga ini meliputi banyak bidang lomba. Seperti Pidato Bahasa Arab, Esai Bahasa Arab, Debat Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, MQK Alfiyah Ibnu Malik dan perlombaan yang berkaitan dengan seni seperti Kaligrafi, Eksebisi Nadzm Alfiyah dan Ghina Arabi atau Pop Arab. Kegiatan festival ini diadakan selama empat hari lamanya.
Juara umum Festival Sukarabic tahun ini berhasil direbut oleh Mahasiswa UIN Maliki. Dengan perolehan juara sebagai berikut. Juara 1 Khitobah oleh Hasna’i masruhani, Juara 3 Khitobah oleh Siti Khafidhotus Sa’baniyah, kedua mahasiswa tersebut perwakilan dari Al-Kindy Pendidikan Bahasa Arab. Juara 1 Ghina Arabi oleh Hadi Asrori perwakilan dari UKM Seni Religius. Perwakilan dari El-Jidal Bahasa dan Sastra, menjadi Afdholul Mutanadzir oleh Aad Nur Sayyidus Suhur Baking dan Mar’atun Nailur Rif’ah.
Perolehan hasil menjadi juara umum bukan hal yang mudah, perlu persiapan yang matang dan mentalitas tinggi. “Menjadi pribadi yang dapat memberikan manfaat dan selalu memberikan hal terbaik untuk kampus Maliki.” Harapan Hadi Asrori, Juara 1 Ghina Arabi di Sukarabic Festival.(ofi)

Lebih Lanjut »
FOKUS KULIAH DI LUAR NEGERI
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 40 views
1625_ln.jpg


GEMA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), mengadakan seminar international di Aula Fakultas Humaniora Lt.3, Jumat (14/9). LP2M mengundang tamu istimewa yakni, Dr. Shirley Ann Baker Alliant International University, USA dan Dr. Dorothee Schulze University of Cologne German sebagai narasumber. Acara ini diikuti oleh 20 delegasi mahasiswa reguler atau International Class Program (ICP) dari setiap fakultas.
Shirley menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Hal pertama yang harus didahulukan adalah kesuksesan akademis, seperti aktif dalam perkuliahan, bekerja dengan kelompok, dan memiliki komunikasi baik dengan Dosen dan Profesor. Hal yang tidak kalah penting juga paparnya adalah pengalaman pribadi. Menurut doktor lulusan Amerika ini, penglaman adalah hal yang mahal. Seperti bersosialisasi dengan penduduk asing, berlibur ke tempat bersejarah, dan memahami adat kebiasaan warga negara asing. “Keseimbangan menjadi hal utama melihat tujuan ke luar negeri adalah untuk belajar.” Tegasnya dalam seminar tersebut.
Kesempatan juga menjadi hal yang tidak boleh ditingglakan di luar negeri, seperti meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, penelitian, dan membentuk jaringan untuk ke depanya. Mahasiswa harus dapat memaksimalkan tiga hal untuk dapat meraih kesuksesan. Tiga hal tersebut adalah science, knowledge, dan experiences.(ofi)

Lebih Lanjut »
SYARIAH ASAH KEMAMPUAN BACA KITAB DAN HAFALAN ALQURAN MAHASISWA
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 129 views
1624_syariah.jpg


GEMA-Pembekalan mekanisme dan pemasaran jadwal program baca kitab dan tahfidz bagi mahasiswa Fakultas Syariah dilangsungkan di Ged. D Lt. 2, Minggu (16/9). Kegiatan khusus bagi Fakultas Syariah ini, dibuka langsung oleh Ketua Unit Turots dan Tahfidz Fakultas Syariah Ustadz Abdul Rozaq.
Pembekalan yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad itu memiliki misi untuk mencetak lulusan Fakultas Syariah menjadi seorang yang ahli dalam membaca kitab ataupun ahli dalam menghafal al-Qur’an.
Program Fakultas yang bekerja sama dengan PKPBA dalam tenaga pengajarnya ini menggunakan model pembelajaran bertingkat. Terdapat level tertentu yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat memberikan keefektifan dalam setiap pertemuannya.
Mulai dari level satu yang mempelajari ilmu ilmu dasar seperti nahwu shorof, Kemudian di level 2, pembelajaran mulai dipusatkan kepada kitab dari masing masing jurusan. Untuk Syariah adalah Hidayatul Mujtahid, sedangkan untuk IAT menggunakan Tafsir Jalalain. Kedua level ini masih menggunakan model Passive learning. Karenanya, dosen masih menjadi pusat dari kegiatan pembelajaran. Sedangkan untuk level 3, metode yang diguunakan ialah active learning. Pada tingkatan ini, mahasiswa dituntut untuk menjadi pemeran utama dalam pembelajaran. Fungsi dosen terbatas sebagai korektor saja.
“Memang kami sengaja membedakan pada level 3, dikarenakan adanya harapan penuh terhadap mereka agar selain mengikuti pembelajaran dikelas, mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam perlombaan,” Ungkap salah satu dosen pengajar yang enggan disebut namanya itu. (aqa)

 

Lebih Lanjut »
PAMERAN AICIS 2018: PRESENTASI KARYA SAINTEK
Iffatunnida Selasa, 18 September 2018 . in Berita . 36 views
1620_pameran2.jpg
PENJELASAN: Juniardi menjelaskan Augmented Reality kepada pengunjung di stan UIN Malang

GEMA-Fakultas Sains dan Teknologi tak pernah absen menjadi peserta pameran pendidikan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018. Bertempat di kampus IAIN Datokarama, Kota Palu, Sulawesi Tengah, perwakilan Fakultas Saintek kembali mempresentasikan karyanya kepada pengunjung (17-20/9).
Perwakilan tim robotika, Juniardi Nur Fadila membawa mesin pencetak tiga dimensi, drone rakitan, juga Augmented Reality. Tim Jurusan Fisika, Aulia, membawa lidah elektronik, sedangkan tim Jurusan Biologi, Safira, membawa Oshibana (kreasi bunga kering), minuman dari bunga, dan lainnya.
Para pengunjung tak hanya sekadar melihat karya-karya yang dipamerkan, namun juga meminta tim Saintek untuk menjelaskan karya yang terbilang baru tersebut. Seorang pengunjung bahkan rela menunggu hasil cetakan tiga dimensi. “Mumpung bisa lihat prosesnya langsung, kalau tidak ada pameran begini, tidak mungkin bisa lihat,” tuturnya.
Tak hanya meladeni pengunjung kalangan mahasiswa, Juniardi bahkan menjelaskan karya komunitasnya ke siswa sekolah dasar yang berkunjung untuk studi lapangan pelajaran Bahasa Inggris. “If you shoot this picture, there is an explanation about it automatically,” jelasnya. (nd)

Lebih Lanjut »
MAHASISWA IAIN PALU BORONG TERBITAN UIN PRESS
Iffatunnida Selasa, 18 September 2018 . in Berita . 40 views
1619_pameran.jpg
PAMERAN: Tim UIN Press sibuk melayani rombongan mahasiswa IAIN Palu yang memburu referensi di stan UIN Malang di AICIS 2018

GEMA-Pameran pendidikan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018 diadakan di Kota Palu, Propinsi Sulawesi Tengah. Tim UIN Malang juga turut berpartisipasi membuka stan yang bertempat di IAIN Datokarama, Palu (17-20/9). Selain karya mahasiswa, buku-buku terbitan UIN Press masih menjadi salah satu daya tarik stan Kampus Ulul Albab.
Menurut pantauan Gema, sebelum stan benar-benar siap, sudah banyak pengunjung yang berkerumun untuk melihat buku-buku yang tengah ditata. Tim UIN Press pun mulai mempromosikan buku-buku dengan beragam tema tersebut. Tak sampai sejam, sudah puluhan buku yang terjual.
Muhammad Karim, staf UIN Press, menyatakan, khusus untuk pameran AICIS 2018, pihaknya memberi diskon untuk seluruh buku. Diskonnya pun tak tanggung-tanggung, hingga 50%. “Untuk mahasiswa IAIN Palu, saya kasih diskon yang lebih banyak lagi karena mereka butuh untuk referensi kuliah,” promonya.
Di antara sekian banyak mahasiswa yang berkunjung, tampak pula mahasiswa baru IAIN Kota Palu yang membeli buku sesuai jurusannya. “Saya mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, jadi saya butuh buku-buku untuk memperdalam kemampuan berbahasa Arab,” tutur Ramlan.
Sore hari, sebelum stan UIN Malang ditutup, tersisa sekitar 40 eksemplar buku yang akan dijual lagi keesokan harinya. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up