LPM Sinkronkan SOP di UIN Maliki
Abadi Wijaya Sabtu, 19 Juli 2014 . in Berita . 1711 views
318_rosihan.jpg

GEMA-Lagi, upaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa yang berkualitas Lembaga Penjaminan Mutu kali ini mengadakan pertemuan khusus bagi seluruh Kabag, Kasubbag, dan para staf di tingkatan Rektorat, Fakultas, Lembaga, Unit hingga Pascasarjana.

Acara yang berlangsung sehari itu dikhusukan untuk mensinkronkan Standar Oprasional Prosedur (SOP) di UIN Maliki (19/7).

Hadir sebagai pemateri tunggal staf ahli LPM UIN Maliki Rosihan. Dalam kesempatan itu, laki-laki berkacamata itu menghimbau kepada seluruh satker yang ada di UIN Maliki mulai dari tingkatan Rektorat, fakultas, unit, lembaga maupun pascasarna untuk senantiasa mensinkronkan kembali SOP yang dijalankan. Pasalnya, di lapangan masih ditemukan kendala-kendala yang dialami mahasiswa sebagai stake holder kampus hijau ini mengalami kebingungan.

Misalnya saja persoalan pembetulan nilai yang kerap terjadi menjelang masuknya semester baru. Banyak mahasiswa yang melakukan komplain terhadap nilai yang dirasa salah. Sehingga, hal ini perlu dicermati dan ditangani dengan penuh hati-hati dan teliti. Proses pembetulan ini, kata dia, tentu saja membutuhkan proses yang lumayan panjang yaitu dimulai dari pengajuan dari mahasiswa yang kompalin pada dosennya masing-masing kemudia dilanjutkan pada prosedur administrasi yang belaku di fakultas hingga akhirnya diproses di BAAK pusat. “Kejadian seperti ini di sering dialampi oleh mahasiswa kita,bahkan hampir tiap semester selalu ada,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala BAAK, Endah, menyampaikan bahwa upaya BAAK dalam mensinkronkan dengan pihak fakultas telah dilakukan, dan SOP yang dijalankan sudah mengacu pada ketentuan dasar hukum di universitas ini. Dosen Psikologi Industri itu juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah berupaya untuk senantiasa memperbaiki SOP yang dinilai kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. “Misalnya saja mahasiswa baru yang hendak menggunakan haknya di perpus, namun karena belum meiliki KTM pihak BAAK juga telah menyiapkan kartu tanda sementara yang dilengkapi dengan barcode yang teregister di Perpustakaan UIN Maliki, sehingga sambil menunggu KTM maba jadi mereka tetap bisa mengakses buku di Perpustakaan pusat UIN Maliki,” terangnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up