BPPU Yogyakarta Sharing Pengelolaan Usaha Kampus
Abadi Wijaya Jumat, 19 September 2014 . in Berita . 2013 views
372_ppb.jpg

GEMA-Pusat Pengembangan Bisnis (PPB) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Mulyono kedatangan tamu Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU) dari Universitas Yogyakarta.

Sebanyak 14 orang itu ingin belajar tentang pengelolaan pengembangan bisnis milik UIN Maliki Malang (19/9).

Menurut ketua rombongan  BPPU, Dr. Edi Purwanto, menyampaikan bahwa tim BPPU datang ke kampus UIN Malang ini tidak lain ingin melakukan studi banding sekaligus sharing soal pengelolaan usaha milik kampus. Pasalnya, UIN Malang saat ini telah menjadi kampus terbaik sekaligus menjadi rujukan bagi perguruan tinggi lain, baik dalam pengelolaan manajemen kelembagaannya maupun soal pengelolaan keuangan BLU.

Sehingga, rombongan yang terdiri dari 14 orang ini datang untuk belajar mengenai pengelolaan usaha milik negara tersebut. “Saya berharap, kami bisa banyak belajar banyak dari Uin Malang, khusunya soal pengelolaan dan pengembangan usaha milik universitas tersebut,” ungkapnya penuh harap.

Dalam kesempatan itu, Mulyono didampingi Ketuan Penerbitan UIN Maliki-Press Zainal Habib menyampaikan tentang perkembangan usaha milik universitas ini. Berdasarkan pengalamannya, PPB yang baru diresmikan sejak 13 Mei 2013 itu  telah mengalami berbagai macam kendala aturan pemerintah. Pasalnya, bisnis yang dikembangkan merupakan aset negara yang notabenenya semua penghasilan yang didapatkan harus dilaporkan kepada negara.

“Untuk mengembangkan usaha milik kampus, kita sering dihadapkan dengan aturan negara. Misalnya saja soal status tanah negara yang tidak boleh dikontrakkan,” ungkapnya.

Melihat permasalahan itu, Mulyono terus berupaya untuk membangun sistem usaha kampus tersebut agar terus produktif sesuai dengan peraturan pemerintah pusat. Sehingga, kedepannya diharapkan tidak ada lagi temuan-temuan yang sifatnya menyalahi aturan negara. “PPB UIN Maliki tahun ini mentargetkan pendapatnnya mampu menembus angka 1,5 M,” harapnya.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up