Siswa SMP Turut Berkompetisi dalam REOC
Abadi Wijaya Senin, 13 Oktober 2014 . in Berita . 1156 views
388_reoc.jpg
Siswa Menengah Pertama Turut Berkompetisi dalam REOC

GEMA­­-Lebih dari sepuluh universitas ternama saling berkompetisi dalam event Research Expo and Competition for Asia (REOC).

Diantaranya UIN Maliki sebagai panitia penyelenggara, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Diponegoro, Universitas Bina Nusantara, Stikom Surabaya, Institut Informatika Indonesia (Ikado), Institut Teknologi Nasional, Universitas Trunojoyo dan yang lainnya. Dari sekian banyak perguruan tinggi ternama, ternyata ada satu peserta dari sekolah menengah pertama yaitu SMP Negeri 1 Surabaya (15-17/9).

Ke ikut sertaan SMP Negeri 1 Surabaya tersebut pun banyak menyita perhatian mahasiswa dan dosen. Pasalnya peserta ini adalah satu-satunya peserta dari siswa tingkat menengah pertama. Membawa inovasi sederahana yang bernama Smart Recycle Trash Robot, siswa-siswi tersebut optimis untuk bersaing dengan peserta-peserta dari perguruan tinggi. Selain satu robot tersebut, siswa-siswi dari kota supporter bonek tersebut juga telah membuat robot pengepel lantai dan pemilah biji besi.

Fadel beserta tiga siswa SMPN 1 Surabaya lain yaitu Araaf, Maura, dan Dhika mengatakan bahwa pengerjaan robot tersebut berlangsung selama satu bulan. Dikerjakan pada awal Agustus dan selesai pada awal September. Selain mereka, masih ada enam anggota yang lain yang turut menyelesaikan inovasi tersebut. “Dalam team ini ada sepuluh anggota, enam diantaranya masih di Surabaya. Kami secara bergilir menjaga stand ini. Kebetulan kami berempat mendapat giliran pertama pada sesi pembukaan,” tutur Araaf.

Aziz selaku pendamping dan Pembina menuturkan bahwa kemampuan siswa-siswi SMPN 1 Surabaya tersebut didapat dari kegiatan extrakurikuler Robotika. Satu minggu sekali materi dan pelatihan diberikan di kelas. Selebihnya materi dan pelatihan diberikan pada kegiatan extrakurikuler Robotika. “Sekolah ini bekerja sama dengan XP Robotic, yaitu komunitas pecinta robot Surabaya. Ada lima pelatih dari XP Robotic yang memberi pelatihan secara intensif dalam kegiatan extrakurikuler Robotika,” tuturnya.

Untuk ide-ide inovatif, masih tuturnya, belum sepenuhnya berasal dari siswa. Secara berkala para pelatih mencoba memberi stimulus agar muncul ide kreatif dari siswa sendiri. Dalam model pelatihannya, kami membantu memberi ide-ide sederhana dalam pembuatan robot. Kemudian ide dan materi langsung diaplikasikan dalam pembuatan-pembuatan robot. “Seperti Smart Recycle Trash Robot ini, siswa diberi ide dan kemudian dibimbing untuk langsung praktek menyelesaikan ide tersebut,” pungkasnya. (sy)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up