PTAI Harus Berstandar Internasional
Abadi Wijaya Rabu, 26 November 2014 . in Berita . 1818 views
438_menteri-agama-lukman-hakim-bersama-rektor-uin-malang-dan-uin-jakarta-diskusi-terkait-kualitas-perguruan-tinggi-islam.jpg
Menteri Agama Lukman Hakim bersama Rektor UIN Malang dan UIN Jakarta Diskusi terkait Kualitas Perguruan Tinggi Islam

 

GEMA- Melalui International Conference on Quality Higher Education  yang diselenggarakan oleh UIN Malang dan UIN Jakarta mulai 24-26 November 2014 memberi harapan cerah bagi civitas akademika Perguruan Tinggi Islam (PTAI).

Konferensi yang dihadiri lebih dari 100 peserta yang berasal dari seluruh PTAI se Indonesia dan para pemateri dari badan akreditasi tingkat asia pasifik, asia tenggara, serta BAN PT.

Konferensi itu menghasilkan kesepakatan untuk bersama-sama meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi Islam agar mampu untuk berkompetisi dan setara dengan Perguruan Tinggi tingkat dunia. Hal ini seperti disampaikan oleh Prof. Komaruddin Hidayat yang merupakan rektor UIN Jakarta mengungkapkan keprihatinannya tentang pendidikan Islam dinegeri yang mayoritas muslim ini. “Malu, kita sebagai negara muslim terbesar tidak punya Perguruan Tinggi Islam kelas dunia layaknya Al-Azhar, kita masih kalah dengan Malaysia yang punya Perguruan Tinggi Islam bagus,” ujar Rektor yang masa jabatannya beberapa bulan lagi.

Keprihatinan ini yang mendasari diadakannya konferensi seperti ini guna menyamakan persepsi terkait standarisasi Internasional yang ditetapkan oleh badan akrerditasi tingkat ASEAN maupun dunia. “Melalui konferensi seperti ini sudah sepatutnya kita bergerak bersama baik melalui kampus, pemerintahan, dan segala elemen yang mendukung untuk kemajuan kampus Islam di Indonesia. Mari kita jadikan kampus Islam di Indonesia sebagai pusat peradaban dunia,” sambung Prof. Komaruddin dengan semangat. (dcp)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up