HTQ Unit Rancang Kegiatan Setahun
Abadi Wijaya Jumat, 13 Februari 2015 . in Berita . 2809 views
494_htqqqqq.jpg
Jajaran pengurus HTQ Unit Mahasiswa Masa Jihad 2014-2015 sessat setelah Musyawarah Kerja (Syaker) di Gedung PCNU Kepanjen (8/2)

            GEMA-Musyawarah Kerja (Syaker) Hai’ah Tahfidz alQuran (HTQ) Unit Mahasiswa kembali digelar (8/2).

Syaker tahun 2015 ini dilaksanakan di Gedung PCNU Kepanjen. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (Sabtu Ahad) merupakan lanjutan dari pelantikan pengurus baru yang telah dilakukan sebelumnya. Menjadi salah satu ciri khas dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tentunya HTQ harus memiliki kebijakan kegiatan selama kurun waktu satu tahun. Pasalnya tahfidz adalah salah satu pilar besar yang menjadikan UIN Maliki Malang berbeda dengan kampus yang ada di seluruh nusantara.

            Dengan mengagendakan acara selama satu tahun maka HTQ mampu menjadi salah satu organisasi yang kaya dengan kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang disusun ini merupakan salah satu media pembinaan terhadap kemampuan dan pemahaman dalam bidang ke-alQuranan yang harus selalu dipupuk. Pengurus baru masa jihad 2014-2015 akan menjadi penanggungjawab dalam segala agenda yang melibatkan seluruh penghafal kalamullah di kampus hijau secara khusus ataupun seluruh sivitas akademika secara umum. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa HTQ Unit Mahasiswa menjadi salah satu organisasi yang selalu eksis dengan berbagai ragam kegiatan yang ada didalamnya.

            Kegiatan yang diagendakan oleh pengurus baru tidak hanya berlingkup internal kampus saja. Namun juga secara luas akan melibatkan pihak ekternal kampus yang meliputi pecinta alQuran di seluruh penjuru Indonesia. Sebut saja Olimpiade alQuran (OQ). Salah satu agenda besar HTQ ini merupakan perlombaan (musabaqah) perihal ilmu alQuran. Tidak hanya lomba membaca alQuran yang biasa dikenal dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) saja, namun juga meliputi berbagai aspek di dalam kitab suci umat Islam tersebut. Sebut saja Fahm alQuran, Syarh alQuran, dan Karya Ilmiah alQuran. Agenda ini telah menjadi agenda rutin tahunan HTQ disamping kegiatan setoran harian para hamilul quran.

            Tentunya tak hanya itu saja, ada Ta’aruf Qurany (TQ). Acara ini merupakan agenda khusus perekrutan anggota baru yang biasanya dilakukan tak lama setelah penerimaan mahasiswa baru. Ada pula Wisuda Tahfidz (WT) dan Seminar Nasional (Semnas). Semua acara ini akan dimatrixkan menjadi sebuah kalender kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2015 ini. “Ini bukanlah beban bagi kami, tapi kami akan berusaha melakukan yang terbaik bagi amanah kami,” ungkap Badrussalam selaku Ketua HTQ Unit Mahasiswa periode 2014-2015. (nhl)

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up