LDK Ajak Peduli Anak Jalanan
Abadi Wijaya Jumat, 12 Juni 2015 . in Berita . 1901 views
617_ldk-uin.jpg
Penampilan anak-anak didikan Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan (LPAN) Griya Baca Malang, Selasa (2/6).

GEMA-Home Theater Fakultas Humaniora ramai dipenuhi oleh para peserta talkshow yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) at Tarbiyah, Selasa (2/6). Talkshow yang bertemakan Satu Harapan, Sejuta Impian ini membahas mengenai anak jalanan. Tiga pemateri dihadirkan dalam acara tersebut. Yakni, penulis novel, Ma’mun Affany, perwakilan dari Save Street Child (SSC) Malang, serta perwakilan dari Lembaga Pemberdayaan Anak Negeri (LPAN) Griya Baca.

Di awal acara, Ma’mun berkesempatan membahas novel terbarunya, Doa Anak Jalanan. Munculnya kisah dalam novel tersebut terinspirasi dari seorang anak berumur 8 tahun yang mengamen di dalam bus saat dalam perjalanan. “Anak itu bersekolah di pagi hari dan mengamen sejak pukul 12.00 siang hingga malam hari,” tutur lelaki yang juga menulis novel Kehormatan di Balik Kerudung.

Ia memberikan sedikit bocoran cerita tentang novel terbarunya tersebut. “Dalam novel tersebut, ada 3 tokoh utama yang berperan. Seorang di antara mereka berkorban untuk dua orang lainnya dengan membunuh bos premanyang menyuruh mereka bekerja di jalanan. Namun, seorang anak ini kemudian didekam di penjara. Padahal, ia mempunyai seorang adik yang bergantung hidup kepadanya,” jelasnya.

Perwakilan dari SSC Malang mempresentasikan komunitas yang berdiri sejak April 2012 tersebut. SSC Malang merupakan komunitas berjejaring yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan. Komunitas ini dibentuk dan dikelola oleh anak muda dan bersifat independen, desentralis, juga kreatif, sesuai semangat muda.

Sejalan dengan SSC Malang, LPAN Griya Baca juga merupakan sebuah komunitas peduli anak jalanan yang berdiri sejak 2005. Pada awal berdirinya, komunitas ini bernama Rumah Cahaya. Kemudian, berubah menjadi Griya Baca. Selanjutnya, berubah nama menjadi Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan (LPAJ) Griya Baca pada Februari 2007 dan disahkan oleh pemerintah sebagai LPAN Griya Baca pada 2013. (sfh/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up