UIN-MALIKI PRESS Terbitkan Buku “Zakat Produktif”
Abadi Wijaya Kamis, 9 Juli 2015 . in Berita . 3479 views
640_zakat.jpg

KATABUKU- UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Unit Penerbitan (UIN-Maliki Press) terus berupaya meningkatkan gairah akademik, khususnya bidang publikasi karya para dosen dalam bentuk buku.

Publikasi dalam bentuk buku merupakan salah satu media promosi kampus yang paling efektif. Karena itu, UIN-Maliki Press akan terus bertekad menerbitkan buku-buku yang sudah ditulis sivitas akademika. “Kami, bersama tim di penerbitan berkomitmen, akan selalu menyeberluaskan karya dosen dan mahasiswa melalui program penerbitan buku”, demikian kata M. Bahrun Amiq, selaku penanggungjawab divisi penerbitan.
“Kami (UIN-Maliki Press, red) selalu menerima pengajuan naskah, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Naskah tersebut akan diterbitkan secara bertahap, sesuai dengan anggaran DIPA penerbitan”, tambah Amiq.
Tahun 2015 ini, salah satu buku unggulan yang akan diterbitkan UIN-Maliki Press adalah buku yang mengupas pengalaman sukses pengelolaan zakat produktif di EL-Zawa UIN Malang. Buku ini ditulis oleh Ketua EL-Zawa UIN Malang, Bapak Dr. H. Moh. Thoriquddin, Lc., M.HI.
Dalam bukunya, Thoriquddin menegaskan bahwa pengelolaan zakat produktif merupakan fenomena baru dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat, zakat dikelola agar menghasilkan susuatu secara terus menerus. Di antara lembaga zakat yang mengelola zakat secara produktif adalah pusat kajian zakat dan wakaf el-zawa UIN Malang. Walau bagaimanapun praktik zakat produktif ini masih menuai pro dan kontra di kalangan ulama’ fiqh dengan alasan masing-masing.
Tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan zakat produktif di el-zawa UIN Maliki Malang perspektif maqaṣid Syari’ah Ibnu Asyur. Sedangkan secara teoretik diharapkan menjadi salah satu sumbangan pemikiran untuk memperkaya kepustakaan ilmu hukum Islam pada umumnya dan bidang zakat secara khusus.
Yang tidak kalah penting adalah sebagai media untuk mempropagandakan pengelolaan zakat secara produktif, agar dana zakat yang ada bisa lebih memberdayakan umat Islam, sehingga orang-orang yang dulunya menjadi mustahiq suatu saat bisa menjadi muzakki dan umat Islam bisa hidup sejahtera dan jauh dari kekufuran.
Secara praktis, buku ini diharapkan berguna bagi: 1) pemerintah sebagai pemegang kebijakan, 2) pengelola zakat sebagai alternatif pengelolaan harta zakat, dan 3) para akademisi sebagai titik tolak kajian zakat dalam perspektif maqaṣid syari’ah. [ump]

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up