Menteri Agama RI Membuka Muktamar IMLA di UIN Maliki
Abadi Wijaya Jumat, 28 Agustus 2015 . in Berita . 2220 views
707_menteri-agama.jpg
Menteri Agama menerima cendera mata Pohon Ilmu UIN Maliki dari Rektor UIN Maliki

GEMA- Menteri Agama Republik Indonesia, Drs. Lukman Hakim Saifuddin berkunjung ke UIN Maliki Malang guna membuka dan menghadiri kegiatan yang bertajuk Pekan Ilmiah Nasional Bahasa Arab (PINBA) sekaligus Muktamar Nasional Pengajar Ikatan Pengajar Bahasa Arab Se-Indonesia (IMLA) semalam (27/8).

Bertempat di Aula Rektorat lantai 5 kegiatan yang diikuti oleh berbagai delegasi dari dalam negeri maupun mancanegara. Ratusan delegasi yang berasal dari Saudi Arabia, Sudan, Mesir, Egypt, Madagaskar, Iran, Irak, Oman, Yordania, Kuwait, dan berbagai Negara timur tengah lainnya itu bergabung bersama delegasi Indonesia guna membicarakan perkembangan bahasa Arab.

Menteri Agama didaulat untuk membuka acara IMLA sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan ini. Setelah sebelumnya menteri Agama juga menghadiri kegiatan Khatmil Qur’an yang rutin diadakan setiap akhir bulan di gedung Sport Center UIN Maliki. Dalam sambutannya Menteri Agama berharap melalui kegiatan yang dihadiri oleh para tokoh dan ahli bahasa Arab ini mampu dijadikan media untuk saling berbagi ilmu dan mengembangkan bahasa Arab yang merupakan bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa. “Bahasa Arab harus menjadi bahasa yang semakin dicintai oleh kita semua selaku umat Islam. Sehingga memudahkan kita dalam berinteraksi dan mampu memahami ilmu pengetahuan yang bersumber Al-Quran,” sebut Menteri yang juga pernah menjadi wakil ketua MPR. Melalui pertemuan ini akan muncul ide-ide kreatif yang berguna bagi pengembangan pembelajaran bahasa Arab yang ada di Indonesia.

Turut hadir pada kesempatan itu Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia Mustafa I A Mubarak, Sekjen Dikti, Para Guru Besar UIN Maliki, serta Rektor Perguruan Tinggi Islam yang ada di Indonesia. Senada dengan Menteri Agama, dalam sambutannya Rektor UIN Maliki mengungkapkan rasa bangganya karena UIN Maliki dipercaya menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan kegiatan yang menghadirkan berbagai tokoh dari penjuru dunia. Kegiatan yang akan menghasilkan berbagai metode dan inovasi baru dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab yang ada di Indonesia. “Ini salah satu acara yang sangat berguna bagi semua elemen muslim terutama para pecinta bahasa Arab, karena diharapkan akan melahirkan inovasi baru dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab yang lebih baik,” sebut rektor yang merupakan Profesor ilmu linguistic. (dcp)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up