Digital Library: Upaya Tepat Dalam Penyebaran Ilmu Pengetahuan
Abadi Wijaya Jumat, 4 September 2015 . in Berita . 17560 views
716_ethesis.jpg
Poto Bersama: Kepala Perpustakaan UIN Maliki Faizuddin Harliansyah (kiri) bersama Staf dan Pakar Pustakawan asal Jakarta selepas Work Shop Pengembangan Teknologi dan Informasi Perpustakaan di Gedung Perpustakaan Lt-1.

GEMA-Tiga sistem pelayanan Perpustakaan UIN Maliki Malang, LIBCAT (Library Catalog), UNICAT (Union Catalog) dan SMS Reminder telah sukses lounching.

Satu sistem layanan Digital Library juga telah siap dimanfaatkan oleh segenap sivitas akademika dan umumya halayak ramai. Yaitu electronic theses (etheses), satu sistem yang memberikan layanan dalam mengakses semua tugas akhir (theses) baik dari Strata Satu (S-1) hingga Pasca Sarjana(S-2, S-3) UIN Maliki Malang, Kamis (3/9).

Kepala Perpustakaan UIN Maliki, Faizuddin Harliansyah menuturkan bahwa ada  5000 lebih theses bisa diakses di Digital Library tersebut. Dalam situs etheses.uin-malang.ac.id pengunjung juga dapat men-downloud baik sebagian maupun keseluruhan dokumen ilmiah tersebut. “Pengembangan infrastruktur ini adalah upaya dalam menyebar luaskan ilmu pengetahuan,” terang pustakawan lulusan Uinversitas Indonesia tersebut.

Menurutnya secara kelembagaan adanya Digital Library tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Rektor berupa “Wajib Serah dan Unggah Theses Secara Keseluruhan”. Namun secara individu itu adalah wujud dedikasi diri dalam proses penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. “Kebijakan ini adalah wujud dari penerapan ajaran  Islam, yaitu anjuran agar tidak menyembunyikan ilmu. Tentunya ini juga cermin dari kampus ulul albab,” papar pria alumni Queensland University of Technology (QUT) Brisbane, Australia tersebut.

Berbagai macam judul thesis, masih kata Faiz, bisa dijadikan bahan referensi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Semua theses dari semua fakultas dan jurusan tersimpan di Digital Library tersebut. “Adanya etheses, karya ilmiah mahasiswa tidak lagi sebagai berkas yang tertata di rak perpustakaan. Kini dokumen ilmiah tersebut bisa lebih bermanfaat dan menjadi sumber dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” pungkas pakar manajemen perpustakaan tersebut. (sy)

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up