Optimalkan Layanan, Perpustakaan UIN Maliki Launching Tiga Sistem Unggulan
Abadi Wijaya Jumat, 4 September 2015 . in Berita . 6596 views

 

715_libcat-dab-unicat.jpg
Suasanan: Mahasiswa tengah Serius Mengikuti Work Shop di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan UIN Maliki Malang Lt-1.

GEMA-Pustakawan perpustakaan UIN Maliki Malang mengoptimalkan pelayanan serta manajemen.

Dengan sistem pengelolaan yang terintegrasi atau Integrated Library Management System telah diterapkan Library Catalog (Libcat), Union Catalog (Unicat), dan SMS Reminder. Ketiga sistem layanan tersebut disosialisasikan dalam workshop Pengembangan Teknologi dan Informasi Perpustakaan, Kamis(3/9).

Wakil Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang, Mufid meyakinkan bahwa semua sistem layanan tersebut akan  memudahkan mahasiswa dalam mengakses semua informasi perpustakaan. Melalui sistem Libcat, mahasiswa dapat mengetahui semua jenis buku yang tersedia di perpustakaan.

“Tanpa harus ke perpustakaan, semua informasi terkait jumlah pinjaman buku, masa peminjaman, denda buku, dan sejarah peminjaman bisa diketahui melalui internet,” terang alumni Universitas Indonesia tersebut.

Lebih dari itu, lanjut Mufid, dengan sistem Unicat(catalog induk) semua informasi buku di perpustakaan fakultas maupun pasca sarjana bisa didapat dengan mudah. “Katalog Induk tersebut menjadi pintu utama dalam proses akses setiap buku di semua perpustakaan kampus ini,” tegasnya.

Masih dalam rangka mempermudah akses informasi perpustakaan, Mufid juga mengenalkan sistem layanan SMS Reminder. Layanan SMS tersebut akan memberikan informasi kilat terkait status keanggotaan, jumlah peminjaman buku, masa peminjaman, dan jumlah denda buku melalui SMS.  “Semoga pemanfaatan sistem layanan Libcat, Unicat, dan SMS Reminder bisa dimaksimalkan oleh mahasiswa,” harapnya.

Di akhir, Mufid mengatakan agar mahasiswa melakukan registrasi keanggotaan ke perpustakaan pusat terlebih dahulu. Setelah terdaftar, pemustaka bisa mengakses informasi di website libcat.uin-malang.ac.id dan unicat.uin-malang.ac.id. “Cukup datang ke perpustakaan pusat, staf perpustakaan akan melayani proses registrasi dengan baik,” pungkasnya. (sy/ic)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up