Perpustakaan UIN Langgan Jutaan Sumber Rujukan Online
Abadi Wijaya Jumat, 26 Agustus 2016 . in Berita . 4680 views
1018_perpus.jpg
Faizuddin Harliansyah Kepala Perpustakaan UIN Maliki saat menjelaskan tentang elektonik jurnal di Rumah Singgah Lt. 4 (24/8)

GEMA-Orientasi Program Studi Pascasarjana dilanjutkan dengan materi tentang perpustakaan (24/8).

Materi yang berkaitan erat dengan penelitian dan karya tulis ini melengkapi masa orientasi ini. Pasalnya kebutuhan mahasiswa dalam merujuk berbagai sumber baik cetak ataupun online perlu diperdalam. Kepala Perpustakaan UIN Pusat Faizuddin Harliansyah hadir langsung untuk pengayaan materi kepustakaan ini.

Di samping memperkenalkan Gedung Perpustakaan yang ada di kampus satu, praktisi pendidikan Jatim ini juga memberikan informasi tentang digital library. “Tuntutan zaman yang semakin maju menuntut adanya akses elektronik berbasis online,” jelasnya. Sehingga anggota perpustakaan dapat mengakses sumber rujukan baik berupa buku ataupun jurnal dari manapun dan kapanpun. Terdapat sekitar 30-40 juta judul dan 30 ribuan jurnal di seluruh dunia yang bisa diakses.

Karena itu, pemahaman mahasiswa tentang fasilitas ini perlu ditingkatkan. “Kampus telah memberikan dana hampir 750 juta untuk berlangganan kepada sumber-sumber online ini,” ungkap Pak Faiz. Sehingga mahasiswa sarjana dan pascasarjana diharapkan mampu memaksimalkan fasilitas ini. Adalah emeraldinsight.com dan proquest.com dua alamat web berbayar yang telah dilanggan kampus. Meski berbayar bagi mahasiswa dapat mengakses kedua alamat ini secara gratis dengan menggunakan sambungan wifi kampus. Di dalamnya akan didapatkan berbagai bentuk tulisan baik berupa artikel, tesis, ataupun disertasi dari berbagai penjuru dunia dengan berbagai disiplin ilmu.

Pihak perpustakaan juga siap melayani mahasiswa yang ingin mengadakan pelatihan tentang materi digilib ini. Karena untuk mengakses sumber online ini memerlukan keahlian khusus. Terdapat berbagai materi yang akan sangat bermanfaat seperti pemilihan keyword, pembuatan perpustakaan digital pribadi, dan berbagai materi lainnya. Dengan pelatihan yang diberikan oleh pihak perpustakaan diharapkan setiap mahasiswa dapat menggunakan fasilitas ini dengan maksimal. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up