SPGA: Bahas Kejahatan Pada Anak


» Rabu, 10 Mei 2017 11:31, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 573

1174_desy.jpg

GEMA-Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membahas topik perlindungan anak dalam Seminar Nasional, Selasa (9/5). Seminar Penanggulangan Kejahatan Pedofilia, Upaya Perlindungan Diri Terhadap Anak ini bertempat di Gedung Ir. (H.C) Soekarno Lt. 5.

Desy Ratnasari, M.Psi dari Komisi VIII DPR RI dan Pakar Hukum Pidana Anak, Dr. Nurini Aprilianda, M.Hum. menjadi pemateri utama dengan didampingi oleh Ketua Fatayat Jawa Timur, Hikmah Bafaqih, M.Pd sebagai moderator. Peserta dari perwakilan organisasi perempuan, PKK, Ikatan Guru PAUD dan RA, dosen, sampai mahasiswa turut berpartisipasi dalam seminar tersebut.

Nurini menyampaikan tindak pidana bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak semakin meningkat berat hukumannya dari tahun ke tahun. Di samping itu, Desy memaparkan tiga tindakan yaitu pre-emtif, preventif dan represif sebagai upaya penanggulangan kasus kekerasan terhadap anak.

Menurutnya, tindakan pencegahan terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap anak ini harus dilakukan oleh seluruh elemen dari pemerintah, masyarakat, serta orang tua. “Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual Anak yang dicanangkan pemerintah juga melibatkan peran masyarakat,” papar dosen yang juga penyanyi ini. Dalam kesempatan yang sama, ia turut memberikan pengalaman tentang upaya pendidikan dan pembentukan karakter anak sebagai upaya pencegahan paling utama. (zah/nd)

(Ajay)