Jabatan itu Amanah
Abadi Wijaya Jumat, 18 Agustus 2017 . in Berita . 776 views
1233_wadek.jpg

GEMA-Pelaksanaan pelantikan wakil dekan (Wadek) periode 2017-2021 berjalan penuh khidmat. Sebanyak 21 Wadek yang terdiri dari Wadek bidang Akademik, Administrasi Umum dan Kemahasiswaan dilantik langsung oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag dengan disaksikan para pimpinan dan tamu undangan (18/8).

Usai diambil sumpah, Prof Haris dengan tegas menyampaikan hadis Rasulullah yang berisi dari Ibn Umar ra. Dari Nabi saw, beliau bersabda : “ Kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kalian.” Potongan hadis tersebut disampaikan untuk mengingatkan kembali terhadap tugas sebagai pimpinan.
Pimpinan itu adalah sebuah jabatan dan jabatan itu penuh dengan amanah, jadi jangan sampai jabatan ini dibuat main-main. Pasalnya, bentuk pertanggungjawabannya tidak hanya di dunia saja. Akan tetapi, di akhirat juga akan di pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. “Jadi jangan sampai dibuat mian-main,” tegasnya.
Semua tindakan dan perilaku kita, tambah dia, akan selalu direkam oleh saksi. Saksi itu bukan dari kata-kata atau ucapan dari mulut yang bisa mengolah kata dan berbohong menggunakan kata-kata indahnya. Akan tetapi saksi itu berasal dari anggota tubuh kita sendiri. “Untuk itu, mari tanggung jawab ini kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. Karena kelak pasti akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT,” pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up