Tulisan Memiliki Pengaruh Besar
Abadi Wijaya Rabu, 4 Oktober 2017 . in Berita . 1566 views
1269_prof-oman.jpg

GEMA-Prof. Dr. Oman Fathurahman, Guru Besar Filologi Fakultas Adab dan Humaniora kali ini hadir di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk kali pertamanya mengisi workshop penulisan karya ilmiah memenuhi undangan pengelolah jurnal el Harakah UIN Maliki Malang. Kamis, (28/9).

Dalam materinya, menulis artikel berbasisi riset memilik banyak pengaruh terhadap kehidupan di masyarakat. Menulis karya ilmiah memiliki sistematika penulisan yang jelas, mulai dari penulisan judul, latar belakang masalah, rumusan masalah hingga penulisan pembahasan dan kesimpulan juga harus sistematis dan terstruktur. “Para penulis harus menguasai aturan tersebut agar tulisannya betul-betul ilmiah,” pesannya.
Menjadi seorang penulis, kata dia, niatnya harus ditata kembali agar memiliki dampak yang positif bagi masyarakat secara luas. Jangan sampai menjadi penulis yang hanya mencari materi saja, jika ada reward baru menulis. “Researchers must have a writing passion (Seorang peneliti harus memiliki gairah menulis, red),” ajaknya.
Menurut Prof. Oman, menjadi seorang penulis atau peneliti diperlukan budaya riset yang kuat. Hal ini akan sangat membawa pengaruh yang besar bagi para peneliti, sehingga kebiasaan dan semangat untuk melakukan penelitian itu akan selalu muncul. “Pengalaman pribadi saya, budaya riset itu memiliki pengaruh yang kuat untuk membentuk pribadi saya menjadi seorang penulis,” kenangnya.
Prof. Oman menambahkan, pengalaman seoarang peneliti itu tidak hanya mengandalkan pengalaman short course atau mengikuti klinik jurnal saja. Akan tetapi, diperlukan banyak membaca literatur yang bersumber dari jurnal dan juga ada proses pendampingan dari para pakar. “Proses pendampingan merupakan proses pematangan terhadap hasil tulisan,” tegasnya.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up