IRJEN SEGERA NILAI CAPAIAN UNIVERSITAS
Iffatunnida Senin, 12 Maret 2018 . in Berita . 395 views
1420_irjen.jpg

GEMA-Sepanjang Maret, Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama akan mengawal UIN Malang dalam pelaksanaan evaluasi kinerja. Untuk mengawalinya, Mujito, pengendali teknis Irjen Kemenag, mem-briefing seluruh pimpinan di Ruang Rektor, Senin (12/3). Selama dua minggu, Irjen akan mengevaluasi capaian kinerja di tingkat universitas, fakultas, juga unit.
Mujito menyatakan, pelaksanaan audit ialah proses sistematik untuk menilai pencapaian kerja sesuai indikator-indikator keberhasilan yang telah ditetapkan Kemenag RI. “Kami ingin memastikan sudah sejauh mana program, tugas, dan fungsi yang dicanangkan UIN Malang tercapai,” imbuhnya.
Ia melanjutkan, banyak perspektif yang menjadi ladang audit Irjen. Di antaranya perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dalam hal ini, Irjen menilai pelaksanaan dan inovasi pembelajaran. “Contohnya saja apakah workshop dan seminar yang direncanakan sudah tepat guna untuk mahasiswa,” jelasnya.
Selain itu, tambahnya, perspektif keuangan juga menjadi sasaran audit. Irjen ingin memastikan apakah jumlah uang yang dikeluarkan sudah sebanding dengan output-nya.
Melia Fauziah, ketua tim audit Irjen, menambahkan, ada empat tahap yang dilihat dalam pengauditan. Yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan capaian. Tak cuma itu, ia menuturkan, pihak Irjen memutuskan bahwa UIN Malang menjadi pilot project dalam audit ini. Ia menjabarkan, “Kemenag memiliki banyak instansi seperti madrasah dan universitas. Nah, UIN Malang mewakili instansi di tingkatan universitas untuk tahun ini berdasarkan skor audit tahun lalu.” (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up