‘PELANGGARAN’ KODE ETIK PSIKOLOGI
Abadi Wijaya Selasa, 15 Mei 2018 . in Berita . 253 views
1491_kode-etik.jpg

GEMA-Mahasiswa Psikologi berbagai angkatan khususnya bagi yang telah mengambil mata kuliah Kode Etik Psikologi mengahadiri acara kuliah tamu. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UIN Malang ini bertajuk Kode Etik Psikologi Indonesia bertempat di gedung Rektorat Lt.5. Senin(14/5).
Sebagai salah satu usaha Fakultas Psikologi UIN Malang untuk menunjang aktifitas akademiknya maka diambil langkah sederhana yang berwujud konsep kuliah tamu. Dengan menghadirkan langsung Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) cabang Malang, yaitu Muhammad Salis Yuniardi, S.Psi, M.Si, Ph.D, Psikolog.
“Sesungguhnya setinggi-tingginya manusia, profesi dan ilmu seseorang tetapi jika tidak beretika maka tidak ada bedanya dengan yang bukan manusia. Oleh karena itu sebenarnya nilai dari kemanusiaan itu dijaga melalui sesuatu yang disebut dengan kode etik jadi itu namanya beretika”,kata Dr. Ali Ridho, M.Si dalam sambutannya mewakili Dekan Fakultas Psikologi.
Selain itu, Wakil Dekan Bagian Akademik ini berharap dengan adanya momen sepert ini, mahasiswa bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mudah mendalami materi tentang kode etik psikologi yang telah diberikan dosen di dalam kelas. “Semoga kita semua para mahasiswa psikologi bisa menjadi ilmuwan psikologi yang beretika,” imbuhnya.
Selanjutnya selama acara berlangsung pemateri yang juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mempaparkan materinya secara simple namun tetap kreatif karena selalu menggunakan contoh kasus konkrit yang ada di sekitar disertai diskusi. Sehingga selama acara kuliah tamu itu berjalan para peserta menjadi lebih mudah memahami konteks materi terutama tentang kode etik Psikologi di Indonesia. dia juga membahas tentang berbagai usaha terutama yang dilakukan oleh HIMPSI. “Pelamgaran kode etik psikologi saat ini sudah banyak terjadi, dan salah satu pencegahannya bisa dilakukan dengan cara seminar seperti ini,” paparnya. (ptt).

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up