PKPBI: AGAR MAHASISWA TAK SALAH PAHAM
Iffatunnida Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 190 views
1489_iec.jpg

GEMA-Banyaknya mahasiswa yang tertunda karena permasalahan perkuliahan Bahasa Inggris Intensif, menginisiasi pihak PKPBI (Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris) untuk bersosialisasi. Dikemas dalam Intensive English Program-Class Orientation, Ketua PKPBI Dr. Syamsudin menyampaikan program unitnya di depan mahasiswa semester dua, Senin (14/5).
Ia kembali mengingatkan jika UIN Malang memiliki program bilingual yang wajib ditempuh di tahun pertama dan kedua. Program tersebut tentu untuk mendukung cita-cita kampus menjadi World Class University. “Therefore, all UIN Malang students must be able to speak at least these two foreign languages,” jelasnya.
Kedua bahasa asing tersebut, lanjutnya, banyak digunakan oleh warga dunia. Untuk merambah dunia internasional, setidaknya, seseorang harus bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. “Bagaimana kita mau maju jika bahasa asingnya tidak dipelajari dengan serius?” tegas pria kelahiran Yogyakarta tersebut.
Ibnu Wahyurianto, bagian akademik PKPBI, kemudian menjelaskan lebih mendalam mengenai kelas Bahasa Inggris Intensif. Ia meluruskan beragam kesalahpahaman yang sering muncul dalam pelaksanaannya. “Karena sudah berjalan bertahun-tahun, makanya untuk teman-teman yang akan menempuh semester depan, semoga tidak ada lagi masalah,” tuturnya.
Kebanyakan, kata Ibnu, mahasiswa menyangka jika kelas Bahasa Inggris Intensif bersifat sunnah. Padahal, kelas tersebut wajib dihadiri oleh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. “Mereka mengira kelas tersebut tidak resmi padahal ini adalah program kampus yang di-menej oleh PKPBI,” jelas dosen asal Trenggalek ini.
Sosialisasi kelas Bahasa Inggris Intensif tersebut bekerjasama dengan pihak Pusat Ma’had al Jami’ah. Pihak PKPBI sengaja mengundang mahasiswa semester dua yang berdomisili di ma’had agar tidak ada miskomunikasi di semester mendatang tentang perkuliahan Bahasa Inggris. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up