REKTOR: PAKSA DIRI UNTUK MENULIS
Iffatunnida Rabu, 4 Juli 2018 . in Berita . 422 views
1521_buku.jpg

GEMA-Demi memenuhi tiga hal penting yang disandang universitas (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), pihak kampus membuat program 1000 Buku untuk Negeri. Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. dan Wakil Rektor Dr. M. Zainuddin, MA. langsung mensosialisasikan program tersebut kepada para dosen di Aula Fakultas Humaniora, Selasa (3/7).
Prof. Haris menegaskan bahwa program ini wajib bagi dosen. Tak hanya sebagai eksistensi profesionalisme, tetapi juga untuk kenaikan pangkat di masa mendatang. “Tentunya buku yang ditulis sesuai dengan bidang keilmuan bapak ibu dosen,” ujarnya.
Ia melanjutkan, buku-buku yang nantinya akan diterbitkan menjadi tonggak lahirnya buku lain. Ini membuktikan bahwa ilmu akan selalu berkembang. “Tugas para dosen ialah mengembangkan keahlian dan keilmuan yang diminati,” tambah rektor kelahiran Lamongan tersebut.
Pihak kampus memberi deadline pengumpulan draf buku hingga akhir tahun ini. Prof. Haris menyadari bahwa tenggat waktu sangat singkat. Namun ia ingin agar seluruh dosen lebih terpacu untuk menulis lebih giat lagi.
Ia menekankan agar para dosen memanfaatkan jam kantor untuk hal-hal positif. Salah satunya dengan menulis karya. Ia juga menyarankan para dosen agar menggunakan suasana Perpustakaan Pusat yang tidak bising untuk menulis. “Nantinya atasan masing-masing yang akan memantau progress bapak ibu dosen secara berkala,” imbuhnya.
Terakhir, ia menuturkan agar seluruh dosen tidak merasa tertekan dengan kewajiban ini. Pasalnya, hal seperti ini merupakan kewajaran di lingkungan kampus. “Karya para dosen nanti tentu akan baik buat si penulis dan tentu berimbas positif bagi UIN Malang,” lugasnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up