SYARIAH ASAH KEMAMPUAN BACA KITAB DAN HAFALAN ALQURAN MAHASISWA
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 595 views
1624_syariah.jpg


GEMA-Pembekalan mekanisme dan pemasaran jadwal program baca kitab dan tahfidz bagi mahasiswa Fakultas Syariah dilangsungkan di Ged. D Lt. 2, Minggu (16/9). Kegiatan khusus bagi Fakultas Syariah ini, dibuka langsung oleh Ketua Unit Turots dan Tahfidz Fakultas Syariah Ustadz Abdul Rozaq.
Pembekalan yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad itu memiliki misi untuk mencetak lulusan Fakultas Syariah menjadi seorang yang ahli dalam membaca kitab ataupun ahli dalam menghafal al-Qur’an.
Program Fakultas yang bekerja sama dengan PKPBA dalam tenaga pengajarnya ini menggunakan model pembelajaran bertingkat. Terdapat level tertentu yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat memberikan keefektifan dalam setiap pertemuannya.
Mulai dari level satu yang mempelajari ilmu ilmu dasar seperti nahwu shorof, Kemudian di level 2, pembelajaran mulai dipusatkan kepada kitab dari masing masing jurusan. Untuk Syariah adalah Hidayatul Mujtahid, sedangkan untuk IAT menggunakan Tafsir Jalalain. Kedua level ini masih menggunakan model Passive learning. Karenanya, dosen masih menjadi pusat dari kegiatan pembelajaran. Sedangkan untuk level 3, metode yang diguunakan ialah active learning. Pada tingkatan ini, mahasiswa dituntut untuk menjadi pemeran utama dalam pembelajaran. Fungsi dosen terbatas sebagai korektor saja.
“Memang kami sengaja membedakan pada level 3, dikarenakan adanya harapan penuh terhadap mereka agar selain mengikuti pembelajaran dikelas, mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam perlombaan,” Ungkap salah satu dosen pengajar yang enggan disebut namanya itu. (aqa)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up