Membangun Itegrasi Ilmu Dan Agama : Pengalaman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Minggu, 11 September 2016 . in Dosen . 7134 views

PENGALAMAN UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Cara memandang ilmu pengetahuan vis a vis agama secara dikotomik sudah sejak lama diperbicangkan orang. Bahkan, dalam sejarah pemikiran Islam, jalan pikiran seperti itu dite ngarai menjadi sebab terjadinya kemunduran umat Islam sejak abad 12 yang lalu. Orang Islam yang mempersepsi bahwa ajaran Islam hanyalah mencakup fiqh, tawhid, akhlak-tasawwuf, tarikh dan sejenisnya, disadari atau tidak, telah menjadikan umat Islam tertinggal dari komunitas lainnya. Kemajuan peradaban umat manusia, sekalipun hal itu penting, menurut saya, bukanlah dihasilkan oleh kemajuan ilmu agama, melainkan oleh teknologi, kedokteran, pertambangan, ilmu perbankan, geologi, astronomi, fisika-kimia, manajemen, ilmu pendidikan, dan seterusnya. Setidak-tidaknya, sumbangan ilmu fiqh, tawhid dan akhlak dalam membangun peradaban dunia, sekalipun ada, tidak sebesar yang diberikan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melihat dan menyadari kenyataan itu, tidak lantas kemudian para pemikir Islam menafikan peran dan fungsi ajaran Islam. Ajaran Islam yang bersumber al-Quran dan al-Hadis tetap diyakini kebenarannya. Sebaliknya, ilmu pengetauan dan teknologi yang dihasilkan oleh manusia juga dipandang memiliki kekuatan dalam memajukan peradaban ini. Bertolak dari penglihatan seperti itu, muncul pertanyaan: adakah yang salah dari cara memandang agama pada satu sisi dan ilmu pengetahuan modern pada sisi lainnya. Pergumulan pemikiran seperti itu kemudian memunculkan konsep-konsep pemecahan, misalnya konsep Islamisasi ilmu pengetahuan (Islamizaton of knowlwdge). Konsep ini segera mengundang respons pro dan kontra. Mereka yang mendukung Islamisasi ilmu pengetahuan menganggap bahwa hal demikian akan menjadikan ilmu terbimbing oleh nilai-nilai agama. Sebaliknya, mereka yang menolaknya berargumen bahwa ilmu pengetahuan bersifat objektif, dan karenanya selalu netral, seperti dalam konsep netralitas etik. Gugatan dari kelompok yang menolak Islamisasi ilmu pengetahuan itu menyodorkan persoalan, seperti bagaimana memberi label matematika yang Islam. Adakah perbedaan arkeologi Islam dengan arkeologi non-Islam? Pertanyaan-pertanyaan problematik seperti itu tampaknya belum memperoleh jawaban yang memuaskan

Perubahan bentuk STAIN Malang menjadi UIN Malang, pada awalnya, sebagiannya didorong oleh semangat untuk mencoba memadukan ilmu (sains) dan agama, yang terkesan bersifat dikotomik itu. STAIN Malang yang pada saat itu membuka Jurusan Tarbiyah, dengan program studi pendidikan agama dan pendidikan Bahasa Arab, merasa memiliki ruang gerak dan kawasan yang sedemikian sempit. Semula, STAIN Malang diangankan untuk dikembangkan menjadi institut atau IAIN; namun, setelah melihat fakultas dan bidang studi yang dikembangkan oleh IAIN pada umumnya hanya terdiri atas 5 (lima) fakultas yaitu Ushuluddin, Syari'ah, Dakwah, Tarbiyah dan Adab lagi-lagi bentuk institut seperti itu dipandang belum mampu menggambarkan universalitas ajaran Islam. Fakultas dan bidang studi itu dipandang masih sangat terbatas dan jauh dari gambaran Islam yang universal itu.

Kegelisahan berikutnya adalah ketika melihat kondisi objektif atau performance perguruan tinggi Islam pada umumnya di Indonesia dan mungkin juga di dunia. Islam yang mengajarkan semangat mengembangkan ilmu pengetahuan, kedamaian, bekerja keras, amal shalih dan ajaran mulia lainnya, ternyata belum berhasil mewarnai sebagian besar lembaga pendidikan tinggi itu. Tidak ayal, lembaga pendidikan tinggi Islam, dan juga lembaga pendidikan Islam pada umumnya masih menampilkan diri sebagai perguruan tinggi yang tertinggal dari peradaban modern, lamban dalam merespons kemajuan, kurang kompetitif, kurang dinamis, dan tidak mampu menarik perhatian kalangan yang lebih luas. Nilai Islam yang luhur dan agung, rahmatan lil 'alamin, ternyata masih dalam tataran cita-cita yang sulit diwujudkan. Jangankan memberi rahmat bagi alam semesta, terhadap diri sendiri saja, rahmat itu tidak pernah menjadi kenyataan. Atas dasar pandangan dan pikiran-pikiran seperti inilah, STAIN Malang berusaha keras untuk mengubah diri menjadi UIN Malang. Perubahan itu sekaligus dijadikan sebagai momentum untuk keluar dari problem besar yang dihadapi selama ini

Tulisan singkat berikut ini akan mengungkap cita-cita ideal, yakni bagaimana UIN Malang yang kemudian bernama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menyandang identitas Islam membangun keterpaduan ilmu dan agama, serta bagaimana perangkat pendukung kelembagaan, iklim dan budaya kampus yang seharusnya dikembangkan sehingga perguruan tinggi ini layak disebut sebagai penyandang nama "Islam" yang agung, mulia, serta selalu disinari oleh cahaya Ilahi.

IDEALISME UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG KE DEPAN

Konsep keterpaduan agama dan ilmu yang sedang dibangun oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang kemudian di singkat UIN Maliki Malang bukanlah semata-mata pada tataran kurikulum atau kerangka keilmuan semata, melainkan yang justru lebih diutamakan adalah pada tataran perilaku warga kampus. Integrasi ilmu dan agama yang dibangun ini seharusnya pula mampu memberi dampak pada terbentuknya integritas kepribadian warga kampus. Lebih jauh, civitas akademika UIN Maliki Malang diharapkan turut mengembangkan integrasi ilmu dan agama dalam pengabdian dan pergaulannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Islam membimbing makhluk manusia ini mengembangkan seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh (kaffah), lahir dan batin, keselamatan dunia dan akhirat, meliputi pengembangan aspek spiritual, akhlak, ilmu, dan profesonalisme. Islam mengajarkan keberanian, kasih sayang, keindahan dan kebersihan, hemat dan tidak boros, dapat dipercaya atau amanah, dan istiqamah.

Pada tataran pengembangan perilaku warga kampus, baik pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa secara bersama-sama diajak untuk melakukan gerakan, (1) memperdalam spiritual, (2) memperhalus akhlakul karimah, (3) memperluas ilmu pengetahuan, dan (4) memperkokoh profesionalismenya. Selain itu, agar semua warga kampus memahami benar apa yang dicita-citakan bersama maka juga dirumuskan psan-pesan moral yang isinya mengajak pada kemajuan. Pesan dimaksud diabadikan di dalam prasasti dan diletakkan di tempat strategis agar setiap orang dengan mudah membaca dan mengingatnya. Prasasti yang terbuat dari batu berukuran besar, ditempatkan di depan pintu masuk kampus berbunyi, sebagai berikut :

1) كونوا أولي النها 2) كونو اولي الأبصار 3) كونوا اولي الألباب وجاهد في الله حق جهاده

Sekalipun singkat, pesan-pesan seperti itu bermaksud mempengaruhi kesadaran semua warga kampus agar lebih mengerti, memahami dan menghayati ajaran Islam secara penuh. Al-Qur'an dan al-Hadis diharapkan menjadi lentera kehidupan mereka sehari-hari.

Pada tataran fisik, kampus UIN Maliki Malang dibangun sedemikian rupa, sehingga menggambarkan bahwa semua aspek yang dibutuhkan oleh dosen, karyawan dan mahasiswanya tercukupi secara baik. Agar mudah mengingat dan memahaminya, dirumuskan pilar-pilar pengembangan fisik kampus UIN Maliki Malang. Pilar-pilar itu disebut sebagai Arkanu Jami'ah (rukun perguruan tinggi) yang terdiri dari sembilan pilar, yaitu:

Tenaga dosen, yakni dosen yang mumpuni, baik dari sisi akhlak, spiritual, latar belakang pendidikan, jabatan akademik, dan kualitas serta kuntatitas produktivitasnya.

Masjid. Masjid dimaknai sebagai wahana pengembangan spiritual, tempat berupaya siapa saja warga kampus ini mendekatkan diri pada Allah secara berjamaah. Masjid bukan semata-mata difungsikan sebagai simbul kekayaan spiritual umat Islam yang kering makna oleh karena tempat ibadah itu kurang maksimal dimanfaatkan, melainkan tampak subur dan kaya kegiatan, baik kegiatan spiritual maupun intelektual.

Ma'had difungsikan membangun kultur yang kokoh. Kultur yang dimaksudkan disini adalah kebiasaan dan adat istiadat yang bernuansa Islam. Bentuk konkritnya adalah kebiasaan melakukan sholat berjamaah, tadarrus al-Quran, shalat malam, menghargai waktu, disiplin, menghormat sesama kolega, menghargai ilmu sampai pada kharakter atau watak dalam melakukan pilihan-pilihan teknologi dan managemen modern sebagai produk ilmu pengetahuan.

Perpustakaan. Keberadaan sarana pendidikan ini amat penting, bukan saja untuk membantu para mahasiswa memenuhi kebutuhan literature untuk memperdalam materi kuliahnya, tetapi juga untuk mendukung kegiatan riset, dan lain-lain.

Laboratorium. Sebagai perguruan tinggi Islam, menyadari betapa Al-Qur'an dan al-Hadis Nabi mengutamakan dan menghargai posisi ilmu pengetahuan yang seharusnya dikembangkan secara sungguh sungguh melalui observasi, eksperimentasi maupun lewat penalaran logis. Perpustakaan dan laboratorium selalu dijadikan tolok ukur bagi kemajuan perguruan tinggi.

Tempat-tempat pertemuan ilmiah, berupa ruang kuliah, ruang dosen tempat diskusi dan lain-lain.

Tempat pelayanan adminstrasi kampus. Betapapun kampus perguruan tinggi Islam harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan santun. Dalam pelayanan siapa saja, entah dosen, karyawan harus didasarkan pada prinsip-prinsip bangunan akhlakul karimah.

Pusat pengembangan seni dan olah raga. Kedua aspek ini perlu dikembangkan unuk mengembangkan dua watak strategis yang harus dimiliki oleg setiap calon pemimpin, yaitu watak halus dan kasar tetapi sportif. Watak halus biasanya dikembangkan lewat aktifitas seni sedangkan watak kasar tetapi sportif biasanya dikembangkan melalui olah rasa. UIN Maliki Malang yang bermaksud mengembangkan calon pemimpin masa depan yang tanguh memerluan wahana pelatihan olar raga dan seni, dan

Sumber pendanaan yang luas dan kuat. Kelemahan sebagian perguruan tinggi Islam adalah dalam hal pengembangan pendanaan ini. Sebagai akibatnya tidak mampu membangun porfermance kampus yang gagah dan bersih, memberikan imbalan para tenaga pengajar yang cukup, merumuskan program peningkatan kualitas serta inovasi sesuai dengan tuntutan masyarakatnya.

Sekalipun sudah tidak lagi memimpin kampus ini lagi, saya berimajiasi bahwa UIN Maliki Malang sebagai penyandang nama "Islam" maka kampusnya harus tampak gagah, bersih, tertib, disiplin, orang-orangnya jujur, sabar, tawakkal dan istiqamah dan semua pekerjaan dilakukan berdasarkan semangat kebersamaan dan dalam suasana kasih sayang, keikhlasan, tanggung jawab, senantiasa mengharapkan bimbingan dan petunjuk Yang Maha Kuasa, serta memiliki kesadaran sejarah yang tinggi. Atas dasar semangat seperti itu, maka kampus ini menjadi produktif, yang menghasilkan karya-karya unggulan dalam berupa penulisan buku, laporan penelitian, dan pemikiran-pemikiran yang diekspresikan pada berbagai media cetak yang telah disiapkan di dalam kampus maupun media di luar kampus. Keunggulan-keunggulan seperti ini secara langsung telah mendongkrak citra dan reputasi UIN Maliki Malang. Selain itu, kampus ini digambarkan dihuni oleh orang-orang yang berakhlak mulia, mencintai dan menghargai serta mengembangkan ilmu pengetahuan, para dosenya mencitai mahasiswanya, dan demikian sebaliknya, para mahasiswanya menghormati para guru besar dan dosen mereka, karena kapasitas akhlak, cinta, dan kedalaman ilmunya.

Performa fisik kampus UIN Maliki Malang harus senantiasa tampak bersih, taman dan rumputnya ditata rapi, tidak boros, lingkungannya dijaga baik, tenaga pengajar dan karyawannya selalu bahagia karena kebutuhan hidupnya tercukupi, dan karena itu mereka bangga akan statusnya sebagai warga UIN Maliki Malang. Kehidupan masyarakat kampus seperti digambarkan seperti itulah yang dapat saya sebut sebagai perguruan tinggi Islam.

INTEGRASI ILMU DAN AGAMA PADA TATARAN KONSEPTUAL

Upaya mengintegrasikan ilmu dan agama selama ini tampaknya dirasakan sebagai suatu hal yang sulit dilakukan. Ilmu yang sesungguhnya tidak lain adalah hasil dari kegiatan observasi, eksperimen, dan kerja rasio pada satu sisi dipisahkan dari agama (Islam) yang bersumber kitab suci al-Qur'an dan al-Hadis. Oleh karena ilmu pengetahuan sesungguhnya hanyalah merupakan hasil temuan manusia dari pergulatan penelitiannya dan karenanya, tingkat kebenarannya bersifat relative dipisahkan dari al- Qur'an dan al-Sunnah yang memiliki kebenaran mutlak. Kedua jenis pengetahuan, yaitu yang bersifat ilmiah maupun yang bersumber dari wahyu pada hakekatnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memahami alam dan kehidupan ini. Keduanya berfungsi untuk menyingkap tabir rahasia alam atau sosial yang dibutuhkan oleh umat manusia untuk memenuhi kebutuhan dan meraih kebahagiaan hidupnya.

Selama ini, saya memahami kedua jenis sumber ilmu tersebut dapat dipadukan; namun, bukan dalam makna "dicampurkan", karena keduanya tidak boleh dilihat secara terpisah. Keduanya menjadi sumber ilmu pengetahuan yang dianjurkan oleh Islam untuk digunakannya.. Al-Qur'an yang bersifat universal tentunya tidak akan menjamah persoalan yang bersifat teknis. Kalaupun al-Qur'an mengungkapkan persoalan spesifik dan teknis, hal itu oleh karena berlaku umum dan selalu relevan dengan zamannya. Misalnya, persoalan waris, persoalan siapa yang boleh dinikah dan yang dilarang. Apa saja yang bersifat universal, tatkala menjamah hal yang bersifat teknis maka akan berakibat irrelevan dengan perkembangan zaman yang selalu berubah cepat. Oleh karena itu, al Qur'an banyak menjelaskan hal bersifat umum dan universal. Sementara itu hal yang bersifat teknis akan diselesaikan oleh ilmu pengetahuan yang bersumber dari observasi, eksperimentasi, dan penalaran logis. Ilmu pengetahuan/sains karena tingkat kebenarannya yang bersifat relatif itu, maka ia akan selalu berubah-ubah tergantung pada dukungan data dan rasio yang menopangnya. Jika temuan itu masih ditopang oleh logika yang kokoh dan data yang cukup maka masih dipandang benar dan akan segera dipatahkan kebenarannya jika ditemukan bukti lain yang dapat meruntuhkannya.

Terhadap dua jenis atau tingkat kebenaran itu, seharusnya diletakkan secara terpadu atau terintegrasi. Kendatipun masing-masing masih menempati posisi yang berbeda, namun tidak boleh diperlakukan secara terpisah. Dalam pespektif kurikulum, agar dapat dipahami secara mudah, untuk menjelaskan integrasi ilmu dan agama, saya menggunakan metafora sebatang pohon besar dan rindang, yang akarnya menghujam ke bumi, batangnya kokoh dan besar, berdahan dan ranting serta daun yang lebat dan akhirnya pohon itu berbuah yang sehat dan segar. Akar yang kuat menghujam ke bumi saya gunakan untuk menggambarkan kecakapan yang harus dimiliki oleh siapa saja yang melakukan kajian Islam yang bersumber Al-Qur'an dan al-Hadis, yaitu kemampuan Berbahasa Arab dan Inggris, logika atau ilmu manteg, ilmu alam dan ilmu sosial. Sebagaimana posisinya sebagai alat, idealnya kecakapan itu harus dikuasai secara penuh sebelum yang bersangkutan memulai melakukan kajian Islam yang bersumber dari kitab suci. Batang dari sebuah pohon itu saya gunakan untuk menggambarkan obyek kajian Islam, yaitu Al-Qur'an, al-Hadis, pemikiran Islam, dan sirah nabawiyah dan atau sejarah Islam lainnya yang lebih luas. Mahasiswa UIN Maliki Malang, tanpa kecuali, jurusan apapun yang diambil wajib mengambil dan menguasai bidang ilmu ini. Mengikuti ahli fiqh, mendalami Bahasa Arab dan Inggris, ilmu mantiq, ilmu alam dan ilmu sosial serta sumber ajaran Islam tersebut hukumnya fardhu ain. Sedangkan dahan yang jumlahnya cukup banyak, ranting dan daun dalam metafora ini untuk menggambarkan disiplin ilmu yang akan dipilih oleh setiap mahasiswa yang dikembangkan oleh UIN Maliki Malang. Masing-masing disiplin ilmu atau fakultas dengan berbagai jurusan atau program studi ini setiap mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya masing-masing.

Sebagai sebuah pohon yang lebat itu, tentu akan berbuah. Buah pohon tersebut digunakan untuk menggambarkan hasil kegiatan kajian agama yang mendalam dan ilmu pengetahuan yang cukup, yaitu iman, amal sholeh dan akhlakul karimah. Kembali pada metafora ini, pohon besar digunakan pula menggambarkan sebuah batang ilmu. Batang tentu harus tumbuh di tanah yang subur tetapi padat. Jika batang digunakan untuk menggambarkan pengembangan aspek akademik, maka tanah yang gembur tetapi padat itu digunakan untuk menggambarkan bangunan kulturalnya. Akademik tanpa dibarengi dengan pengembangan kulturalnya, lebih-lebih untuk kajian Islam, tidak akan mendapatkan kekuatan yang semestinya. Sama halnya yang dianut oleh sistim perguruan tinggi pada umumnya, pengembangan akademik selalu diikuti oleh pengembangan aspek profesionalnya. Sarjana perguruan tinggi Islam secara sosiologis tatkala terjun di masyarakat akan dipercaya melakukan kepemimpinan dalam pengertian luas, di antaranya adalah kepemimpinan sosial-keagamaan. Kecakapan seperti itu, berdasar pengalaman selama ini, sedikit sekali berasal dari aktivitas-aktivitas akademik di kampus pada umumnya. Kecakapan itu hanya akan berkembang dalam proses pembiasaan sehari-hari dalam kehidupan mahasiswa, yang itu selanjutnya saya sebut sebagai kekuatan kultural.

Melalui metafora pohon tersebut, maka integrasi ilmu dan agama akan lebih cenderung menyerupai pandangan Imam al-Ghazali, bahwa mendalami ilmu agama bagi semua orang adalah merupakan kewajiban pribadi atau fardhu ayn; sedangkan mendalami ilmu umum seperti kedokteran, teknik, pertanian, perdagangan dan lain-lain adalah fardhu kifayah. Demikian halnya bangunan kurikulum di UIN Maliki Malang, yakni bahwa mendalami sumber-sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur'an dan al-Hadis adalah wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa, apapun program studi yang dipilih; namun, selain itu, masing-masing mahasiswa diwajibkan pula mendalami bidang ilmu lainnya sebagai keahliannya yang bersifat fardhu kifayah itu. Dengan model konseptual seperti ini kiranya bisa berharap akan terjadi integrasi keilmuan secara kokoh. Seseorang yang mendalami sumber-sumber ajaran Islam akan memperoleh inspirasi yang bersifat deduktif untuk mengembangkan bidang ilmu yang ditekuni, dan sebaliknya, penguasaan ilmu yang ditekuni dapat memberi sumbangan pada upaya memperluas pemaknaan Kitab Suci Al-Qur'a dan al-Hadis yang dikajinya. Sama halnya saripati makanan yang dihimpun oleh akar dan selanjutnya dikirim ke seluruh sistem pohon: batang, dahan, ranting dan daun. Pada tahap berikutnya, dengan pertolongan matahari daun mengolah saripati makanan atau diasimilasi, dan hasilnya dikirim ke seluruh bagian batang itu sebagai energi yang diperlukan oleh seluruh bagian kehidupan sebuah pohon itu.

Masih dalam perbincangan integrasi ilmu dan agama, selama ini umat Islam seolah-olah memiliki rumusan bidang ilmu tersendiri selain bidang-bidang ilmu yang diakui secara universal. Secara umum, ilmu pengetahuan sesungguhnya dapat dikategorikan menjadi tiga. Pertama, ilmu-ilmu alam (natural sciences) yang terdiri atas ilmu biologi, fisika, kimia dan matematika. Berangkat dari ke empat ilmu ini yang selanjutnya disebut sebagai ilmu dasar atau ilmu murni (pure sciences) maka kemudian berkembang ilmu-ilmu yang lebih bersifat terapan, seperti ilmu kedokteran, ilmu pertanian, ilmu kelautan, ilmu pertambangan, ilmu teknik, informatika, dan ilmu-ilmu lain yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Kedua, ilmu-ilmu sosial yang terdiri atas ilmu sosiologi, ilmu psikologi, ilmu sejarah dan ilmu antropologi. Ke empat ilmu dasar atau ilmu murni di bidang ilmu sosial ini selanjutnya berkembang, sebagaimana ilmu alam tersebut di atas, ilmu-ilmu yang bersifat terapan seperti ilmu ekonomi, ilmu pendidikan, ilmu hukum, ilmu politik, ilmu administrasi, ilmu komunikasi dan seterusnya yang jumlahnya juga semakin bertambah luas. Ketiga, ilmu humaniora dengan cabang-cabangnya adalah filsafat, bahasa dan sastra, serta seni. Selain ketiga jenis ilmu tersebut di kalangan umat Islam mengembangkan jenis ilmu lain, yaitu ilmu agama Islam dengan cabang-cabangnya yaitu ilmu ushuluddin, ilmu syari'ah, ilmu tarbiyah, ilmu dakwah, dan ilmu adab. Masing-masing cabang tersebut di kalangan perguruan tinggi Islam diperankan sebagai rumpun bidang ilmu sehingga disebut fakultas.

Akibat dari lahirnya ilmu-ilmu (kalau memang dapat disebut sebagai ilmu, atau bidang ilmu) maka selanjutnya terjadilah dikotomi ilmu dan agama sebagaimana dikemukakan di atas. Ilmu-ilmu alam, sosial, dan humaniora dikelompokkan sebagai ilmu umum, bahkan dari sudut pandang konvesional kelompok ilmu ini diklaim sebagai ilmu sekuler. Sebaliknya, ilmu ushuluddin, ilmu tarbiyah, ilmu dakwah, ilmu syariah dan ilmu adab dikelompokkan ke dalam ilmu agama (Islam). Semakin lama dikotomi itu semakin kokoh. Pengelompokkan secara dikotomik seperti itu berdampak luas, yang akhirnya disadari oleh umat Islam sendiri bahwa mereka tertinggal dari umat lainnya karena selama ini umat Islam hanya mengembangkan ilmu agama semata. Umat Islam menjadi tersadarkan bahwa untuk membangun sebuah peradaban yang maju dan unggul diperlukan berbagai bentuk dan rekayasa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, ternyata perkembangan peradaban, (baca ilmu dan teknologi) bukan lahir dari ilmu-ilmu agama dengan berbagai cabangnya itu, melainkan dari kemajuan teknologi, kedokteran, ilmu astronomi, ilmu manajemen, dan lain-lain. Akibat dari kesadaran umat Islam seperti itu, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana mencari jalan keluar untuk mensintesakan agama dan sains, atau setidak-tidaknya bagaimana umat Islam selain mendalami agama juga mendalami sains dan teknologi. Dengan demikian, ilmu agama dan ilmu umum menjadi tidak terpisah, bahkan merasuk pada diri setiap kaum muslimin.

Untuk memecahkan persoalan itu, sesungguhnya masih ada jalan keluar yang tidak terlalu rumit. Menurut hemat saya, untuk menghilangkan dikotomi itu dapat ditempuh dengan cara memposisikan sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur'an dan al-Hadist bukan pada wilayah berbeda dari wilayah ilmu pengetahuan sebagaimana yang terjadi selama ini. Al-Qur'an dan al-Hadis semestinya tidak perlu dikembangkan dengan ilmu-ilmu agama seperti ushuluddin, ilmu syari'ah, ilmu tarbiyah dan seterusnya, melainkan sumber ajaran Islam itu diposisikan sebagai sumber ilmu. Perguruan tinggi Islam semisal UIN tidak perlu membuka berbagai cabang ilmu yang selama ini disebut ilmu agama itu, melainkan sama saja dengan perguruan tinggi umum membuka dan me ngembangkan ilmu-ilmu alam, ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Yang membedakan perguruan tinggi Islam dengan yang bukan, terletak pada sumber yang dijadikan acuan dalam mengembangkan ilmu itu sendiri. Umat Islam, dalam memahami jagad raya dan kehidupan ini, mengenal apa yang disebut dengan ayat-ayat qawliyyah yaitu pengetahuan yang diperoleh dari kitab suci (al-Qur'an) dan al-Hadis; dan ayat-ayat kawniyyah, yaitu pengetahuan tentang jagad raya dan kehidupan ini yang bersumber dari hasil observasi, eksperimetasi dan penalaran logis. Perguruan tinggi Islam dalam hal ini UIN mengembangkan ilmu pengetahuan senantiasa mengambil sumber kepada ayat-ayat qawliyyah dan ayat-ayat kawniyyah sekaligus. Sedangkan perguruan tinggi umum biasanya mengembangkan ilmu pengetahuan dengan mengambil sumber dari hasil-hasil observasi, eksperimen, dan penalaran logis saja. Ketiga sumber pengetahuan yang disebut terakhir ini, bagi universitas Islam, disebut ayat-ayat kawniyyah.

Selanjutnya, jika dijabarkan hingga pada tingkat implementasi maka akan tampak misalnya ketika universitas Islam mengembangkan ilmu pendidikan yang bersumber dari Al-Qur'an dan al-Hadis serta menelusuri ayat-ayat kawniyyah tentang fenomena pendidikan melalui observasi, eksperimen, dan penalaran logis, maka universitas itu telah menunaikan tugasnya mengembangkan ilmu tarbiyah. Ilmu tarbiyah adalah ilmu pendidikan yang dikembangkan atas dasar sumber Al-Qur'an dan al-Hadis serta hasil-hasil penelitian ilmiah. Jika universitas Islam telah memiliki fakultas hukum, dan tatkala mengembangkan ilmunya mengambil sumber kepada Al-Qur'an dan al-Hadis, di samping memperhatikan ayat-ayat kawniyyah maka sama artinya universitas itu sudah membuka fakultas syariah. Fakultas kominikasi di universitas Islam dalam pengembangan ilmunya bersumber Al-Qur'an dan al Hadis serta ayat-ayat kawniyyah sama artinya fakultas itu bernama fakultas dakwah. Demikian pula, fakultas filsafat di universitas Islam yang ketika mengembangkan ilmu filsafatnya bersumber pada Al-Qur'an dan al-Hadis dan juga ayat-ayat kawniyyah maka universitas Islam itu sama artinya telah mengembangkan fakultas ushuluddin, dan seterusnya. Akan tetapi, universitas Islam juga tidak sekedar mengembangkan ilmu pendidikan, dakwah, syariah, dan lain-lain, sebagaimana tradisi universitas Islam yang ada selama ini, melainkan juga secara bersamaan membuka kajian ilmu-ilmu alam dengan berbagai cabangnya maupun ilmu-ilmu social, dan humaniora. Tentang hal ini Al-Qur'an bahkan telah memerintahkan kepada umat manusia untuk memperhatikan berbagai fenomena alam sebagai bagian dari ayat-ayat Allah. Di antara seruan al-Qur'an itu adalah: "Tidakkah kalian perhatikan bagaimana unta dijadikan; bagaimana langit ditinggikan; bagaimana gunung ditegakkan; dan bagaimana bumi dihamparkan." (Qs. Al-Ghasiyah, 88:17-20, yang aslinya berbunyi:

Ÿxsr& tbrYtƒ ’n<) @/M}$# y#‹Ÿ2 Ms)=z ’n<)ur !$uK9$# y#‹Ÿ2 My‘ ’n<)ur A$t6g:$# y#‹x. Mt6R ’n<)ur ‘F{$# y#‹x. Mys™

Al-Qur'an juga berbicara semua hal, baik tentang bumi (al-ardh), laut (al-bahr), air (al-ma', termasuk air hujan, al-mathar), bintang (an-nujum), tumbuh-tumbuhan (an-nabat) dan juga perilaku manusia. Artinya, jika universitas Islam mengkaji semua itu, ternyata Al-Qur'an juga mewartakan itu semua sekalipun hanya menyentuh garis besarnya saja, yang selanjutnya menuntut manusia untuk mengembangkan lebih jauh. Saya yakin, dengan membuka diri dan berpikir seperti ini, problem dikotomik itu akan terkurangi dan selanjutnya akan berhasil memenuhi keinginan mendapatkan konsep integrasi agama dan ilmu yang selama ini kita cari itu.

KELEMBAGAAN DAN PERANGKAT PENDUKUNG

Jika tidak ada hambatan politis dan kebijakan yang lebih makro dalam menata lembaga pendidikan tinggi, serta jika tersedia dukungan finansial dan ketenagaannya, maka sesungguhnya bentuk lembaga yang ideal unuk mengembangkan konsep integrasi agama dan ilmu adalah universitas, bukan bentuk institut atau sekolah tinggi. Kalau pun tokh masih tetap berbentuk institut atau sekolah tinggi, maka jenis dan bidang ilmu yang dikembangkan haruslah lebih maju dan lebih bervariasi dari ilmu yang ada sekarang ini. Sebab, jika institut atau sekolah tinggi masih sebatas mempertahankan jenis ilmu yang sedang dijalankan sekarang ini, maka cara pandang dikotomik itu tidak pernah terselesaikan. Sebagai akibat selanjutnya, umat Islam akan tetap mengalami kemunduran sampai kapan pun dan juga di mana pun. Umat Islam akan tetap menjadi berada pada posisi periferal sebagaimana ilmu yang mereka kembangkan yang bersifat periferal itu. Jika umat Islam berkeinginan berhasil menempati posisi strategis di tengah-tengah pergaulan global dan dibutuhkan oleh masyarakat dunia, semestinya jawabnya adalah juga harus mengembangkan ilmu yang komprehensif, luas, dan strategis. Rekonstruksi berpikir seperti ini harus berani dilakukan agar tatkala menyebut "Islam" bukan berkonotasi sempit sebagai sekedar agama atau tuntunan moral-spiritual; melainkan Islam yang sarat dengan konsep-konsep keilmuan, keyakinan, budaya serta kunci-kunci pembangunan peradaban umat manusia. Islam menjadi terkesan sebuah pandangan yang berufuk jauh dan berlangit tak terbatas seluas jagad raya ini. Selanjutnya, Islam bukan hanya dipahami sebatas masjid, mushalla, ritual kelahiran, perkawinan, kematian dan tatacara melakukan kegiatan spiritual saja.

Mengembangkan konsep seperti ini di tengah-tengah tradisi atau budaya perguruan tinggi, dalam bentuknya seperti sekarang ini, tentu tidak mudah. Masyarakat sudah terlanjur memiliki pengertian bahwa perguruan tinggi Islam dan juga perguruan tinggi pada umumnya sebagaimana lazimnya berjalan selama ini. Oleh karena itu, mengintrodusir konsep baru ini perlu keberanian tersendiri, dan sudah barang tentu juga akan membawa risiko yang bisa jadi tidak ringan. Persoalan lain yang dihadapi juga beraneka ragam, mulai dari persoalan dosen yang seharusnya menyandang ilmu yang bersifat integratif itu, kenyataannya amat sulit didapat, perangkat kelembagaan, sampai pada kesiapan para mahasiswanya. Terkait dengan persoalan dosen, pada saat ini mencari dosen yang menguasai agama dan disiplin ilmunya sekaligus sama sulitnya dengan mencari es di padang pasir. Akan tetapi, jika konsep ini benar-benar bisa dijalankan maka strategi-strategi pengembangan SDM yang kuat dan tangguh seharusnya ditempuh secara bertahap. Semuanya harus segera dimulai. Menunggu sampai tersedia tenaga dosen dalam kualitas ideal seperti itu sama artinya dengan berpuas-puas di dunia mimpi. Indah tetapi sesungguhnya tidak akan pernah terjadi.

UIN Maliki Malang dalam memenuhi tenaga dosen, ditempuh dengan cara mencari lulusan perguruan tinggi, yang pendidikan tingkat menengahnya berlatar belakang agama, madrasah, dan pondok pesantren. Lulusan semacam ini yang dicari, dan lebih diutamakan lagi adalah sarjana lulusan perguruan tinggi terkemuka, seperti ITB, UI, UGM dan sejenisnya. Sedangkan bangunan kelembagaannya, UIN Maliki Malang mencoba memadukan antara tradisi universitas dan tradisi pesantren. Tradisi pesantren dipandang strategis diusung ke kampus dengan alasan bahwa pada kenyataannya tidak sedikit pesantren, seperti Pondok Pesantren Gontor Ponorogo, Al-Amien Sumenep, IMIM Makasar, ternyata berhasil mengantarkan lulusannya dengan kualifikasi memiliki pisau analisis dan kemampuan ilmu alat seperti Bahasa Arab dan Inggris melebihi lulusan lembaga pendidikan sekolah pada umumnya. Atas dasar itu, apa salahnya kultur pesantren yang ternyata memiliki kelebihan itu dikembangkan di perguruan tinggi, sehingga terbentuk kultur alternatif, semisal "Pesantren Kampus." 
Pesantren kampus, selain difungsikan untuk menciptakan iklim atau suasana yang mendukung kemampuan berbahasa asing (Arab dan Inggris), juga dijadikan sebagai wahana untuk mendukung pengembangan aspek-aspek kultural seperti kebiasaan shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, shalat malam, kajian pemikiran Islam dan lain-lain. Masih dalam wilayah perbincangan implementasi konsep integrasi agama dan sains ini, UIN Maliki Malang mempersyaratkan mahasiswanya menguasai dua bahasa asing (Arab dan Inggris). Akan tetapi, dalam kenyataannya, penguasaan para input yang masuk di UIN Maliki Malang terhadap dua bahasa asing itu masih lemah. Oleh karena itu, kebijakan yang ditempuh ialah selain mewajibkan seluruh mahasiswa baru bertempat tinggal di M'had al-Aly Sunan Ampel agar memudahkan terbentuknya kultur kebahasaan mereka, juga dikembangkan pembelajaran Bahasa Asing khususnya Bahasa Arab secara intensif. Pembelajaran Bahasa Arab Intensif ini dilaksanakan setiap hari selama setahun penuh. Setelah mereka menguasai Bahasa Arab, pada fase berikutnya ditingkatkan pula kemampuan Bahasa Inggrisnya. Dalam kurikulum UIN Maliki Malang, sebagaimana tergambar pada "Pohon Ilmu", bahasa asing, yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diposisikan sebagai alat atau instrumen untuk melakukan kajian sumber ajaran Islam dan juga disiplin ilmu pilihan masing-masing.

IKLIM DAN BUDAYA KAMPUS

Format baru universitas Islam yang dikembangkan oleh UIN Maliki Malang untuk mengimplementasikan konsep integrasi agama dan ilmu dilakukan secara menyeluruh, dan barangkali perubahan itu boleh dipandang radikal. Pendidikan tinggi tidaklah cukup dihuni oleh orang-orang yang bekerja setengah hati, dikelola dan dipimpin secara asal-asalan, dan didukung oleh baik perangkat keras maupun perangkat lunak seadanya. Sekalipun dahulunya hal itu memang demikian keadaannya, maka untuk memperkuat usaha mengimplementasikan konsep baru itu seluruh aspeknya harus diubah. . 

Tenaga dosen yang pada awalnya berjumlah amat terbatas harus segera ditambah, kendatipun ditempuh secara bertahap. Mereka yang pada umumnya berlatar pendidikan S2 dan bahkan S1, semuanya secara bertahap pula ditingkatkan menjadi S3. UIN Maliki Malang bertekat agar seluruh dosennya bergelar doktor atau berpendidikan S3. Target ini terkesan ambisius; namun, apa boleh buat, harus ditempuh dengan berbagai usaha dan resikonya. Menurut pandangan saya, seorang dosen harus menempati rumah yang layak, agar pikiran dan perasaannya tidak terganggu. Untuk itu, sejak bebarapa tahun yang lalu telah dirintis kerjasama antara UIN Maliki Malang dengan pihak pengembang untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi seluruh dosen tetapnya dengan ukuran yang layak sebagaimana kehidupan dosen. Upaya-upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dosen dimaksudkan agar berdampak pisitif bagi peningkatan motivasi kerja mereka dan agar mereka tidak setengah hati lagi dalam menunaikan tugas-tugasnya, baik sebagai pendidik maupun sebagai pengembang ilmu pengetahuan. Para dosen dan juga tenaga administrasi tidak selayaknya dituntut hanya menunaikan kewajiban; tetapi tidak diimbangi dengan pemenuhan hak-hak kesejahteraan mereka. Dalam pengembangan perangkat keras, UIN Maliki Malang berpedoman pada apa yang disebut dengan "arkanul jami'ah" atau rukun universitas, sebagaimana telah disinggung di atas. Sembilan rukun universitas ini dikembangkan secara bertahap dan disesuaikan dengan hasil-hasil yang diperoleh dari pendanaan yang diusahakan dengan kerja keras dan tanpa henti.

Untuk membangun kebersamaan, integritas, dan juga komitmen bersama maka budaya birokrasi yang berkembang selama ini diubah menjadi budaya juang atau dikembangkan Rukhul jihad untuk mewujudkan cita-cita luhur bersama. Budaya birokratis yang kaku, bersifat hirarkhis, informasi dibagi secara terbatas, bekerja hanya sekedar memenuhi tuntutan formalitas, diubah menjadi fleksibel, informasi terbagi untuk semua, kepemimpinan dilakukan secara kolegial dan bahkan pada aspek-aspek tertentu diperankan oleh semua, agar menghasilkan suasana kerja yang lebih dinamis, tanggung jawab menjadi dipikul bersama, dan mereka datang ke kampus bukan sekedar menenuhi tuntutan formal sebagai pegawai negeri atau birokrat. Yang terjadi kemudian adalah suasana kebersamaan, teduh dan saling menghargai dan mencintai untuk saling bahu membahu membangun kampus Islam yang besar dan akan menjadi kebanggaan bersama. 

Sebagai wahana untuk mengembangkan suasana kebersamaan itu di UIN Maliki Malang juga dibangun kultur kebersamaan yang berasaskan ajaran dan nilai Islam. Misalnya, UIN Maliki Malang mengembangkan kultur menunaikan shalat berjamaah di masjid kampus yang diikuti oleh seluruh pimpinan, dosen, karyawan dan juga mahasiswa. Pada kesempatan setelah shalat berjamaah diselenggarakan kuliah 7-10 menit (Kultum) yang disampaikan oleh salah seorang pimpinan atau dosen atau bahkan oleh mahasiswa. Selain itu, pada minggu ketiga setiap bulan diselenggarakan kegiatan membaca Al-Qur'an bersama (khatmul Qur'an), dibiasakan untuk puasa sunnah Senin dan Kamis, membangun solidaritas dan silaturrahim terhadap keluarga yang terkena musibah, seperti kematian misalnya, lewat ta'ziyah ,atau setidak-tidaknya shalat ghaib di masjid kampus. Semua itu, jika dinilai dari sudut pandang kampus sebagai lembaga akademik yang bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan penyelenggara kegiatan akademik dan intelektual, tampaknya memang sulit dipahami, mengapa mengurus hal-hal yang tidak relevan, sepele dan kecil seperti itu. Namun, jika hal itu dipahami secara mendalam dan dengan perspektif yang lain, misalnya bahwa manusia selalu terkait dengan kultur, kebiasaan dan budaya, maka kegiatan semacam itu justru dapat dipandang strategis dan relevan dengan pengembangan ilmu yang seharusnya ditunaikan oleh perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi yang menyandang nama "Islam".

PETUTUP 
Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin mengemukakan imajinasi atau mimpi-mimpi saya tentang perguruan tinggi Islam yang saya sebut ideal, yaitu perguruan tinggi yang mampu melakukan peran-peran strategis lewat penelitian berdasarkan sumber kitab suci (al-Quran), al-Hadis, serta sumber-sumber lainnya seperti observasi, eksperimen dan penalaran logis, sehingga mampu melahirkan produk-produk ilmu pengetahuan yang berkembang tanpa henti. Kampus itu sepantasnya dihuni oleh orang-orang yang mencintai ilmu pengetahuan, bekerja dengan penuh dedikasi, memiliki integritas yang tinggi, ikhlas, sabar, tawakkal dan istiqmah. Dengan kerja yang didasarkan pada sifat-sifat terpuji seperti itu, kampus Islam ini akan didatangi oleh anak-anak muda yang bergairah, yang ingin belajar atau menjadi mahasiswa, atau orang-orang dari mana saja asalnya untuk memenuhi hasrat ingin tahu. Kampus ini saya impikan berperan ibarat mercusuar di tengah laut, atau seorang pembawa obor di tengah kegelapan, yang perannya adalah menerangi kehidupan ini. Kampus ini akan melahirkan sarjana yang memiliki setidak-tidaknya empat kekuatan, yaitu: (1) kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, (2) keagungan akhlak, (3) keluasan ilmu dan (4) kematangan profesional.

Selanjutnya, lewat kampus dengan iklim kerja seperti digambarkan itu saya berharap akan lahir karya-karya akademik dan juga perilaku terpuji sebagaimana tuntunan ajaran Islam yang mulia, membahagiakan dan sekaligus menyelamatkan. Karya-karya ilmiah yang saya maksudkan berupa buku-buku ilmiah yang selalu dijadikan rujukan dan bahkan bahan perbincangan akademik di kalangan perguruan tinggi, hasil-hasil penemuan ilmiah dari kegiatan penelitian yg dilakukan oleh para dosen dan para penelitinya. Di kampus ini juga selalu terbit secara tertib jurnal-jurnal ilmiah serta berbagai bentuk terbitan lainnya.

Terakhir, bahwa apa yang saya sampaikan lewat tulisan ini hanyalah sebagiannya adalah imajinasi, bahkan mungkin sekedar berupa mimpi-mimpi saya tentang gambaran perguruan tinggi yang saya idealkan. Apakah mimpi-mimpi saya ini benar-benar akan terwujud, saya sendiri pun juga tak pernah tahu. Akan tetapi, jikalau pun mimpi-mimpi saya ini menyebar dan telah juga menjadi mimpi rekan-rekan yang pada saat ini terlibat dalam pengembangan kampus pendidikan tinggi Islam, saya sudah merasa cukup dan bersyukur. Siapa tahu mimpi-mimpi ini suatu saat melahirkan inspirasi untuk mengembangkan lembaga pendidikan tinggi Islam yang lebih bagus dan maju. Namun demikian, terlepas dari imajinasi dan mimpi-mimpi itu, warga UIN Maliki Malang memang senang bermain-main dengan apa pun yang dipandang oleh kebanyakan orang sebagai mimpi atau ilusi. Warga UIN Maliki Malang senang mencoba apa yang oleh orang lain dipandang tidak mungkin: Thinking the unthinkable and struggeling against the unbelievable!. Pedoman warga UIN Maliki Malang dalam berjuang di antaranya adalah semangat Qs. Alam Nasyrah, yaitu

Os9r& yuŽnS y7s9 x8u‘‰| $uZ|urur šZt x8u‘—r “%!$# us)Rr& x8tgs $uZsu‘ur y7s9 x8t.Œ b*s ytB Ž9$# #Ž„ b) ytB Ž9$# #ZŽ„ #sŒ*s |Mts =|R$$s 4’n<)ur y7n/u‘ =x‘$$s

Bukankah Kami telah melapangkan dadamu?; Kami telah menghilangkan bebanmu; yang memberatkan punggungmu?; Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu; Sebenarnya, setelah kesulitan itu ada kemudahan; Memang, sesudah kesulitan itu sudah pasti ada kemudahan; Maka, jika kamu telah merampungkan suatu persoalan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh persoalan berikutnya; Hanya kepada Tuhanmulah kamu pantas berharap.





UNTUK MEMPERJELAS PERIKSALAH LAMPIRAN BERIKUT INI:

Makalah ini disampaikan pada kegiatan seminar di IAIN Batu Sangkar pada tanggal

15 Oktober 2016

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up