Daftar Kategori: Berita


DWP UIN MALANG BERSHALAWAT
Fatkhul Ulum Selasa, 19 Oktober 2021 . in Berita . 57 views
3369_d.jpg

 

HUMAS-Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) semakin giat dalam membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya meski saat ini masih masa pandemi covid-19. Buktinya, bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H ini, DWP UIN Maliki mengadakan agenda silaturahmi yang diisi dengan membaca dan melantunkan bersama Sholawat Nabi. Acara yang mengusung tema Momentum Maulid Nabi untuk Mempererat Tali Silaturahim di Tengah Pandemi itu bertempat di Gedung Laktasi, Kampus I UIN dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Selasa(19/19) 

3370_dw.jpg

Prosesi pembacaan dan melantunkan bersama sholawat Nabi dipandu serta didampingi oleh para pengurus DWP dari divisi Sosial Budaya(Sosbud). Acara pun berjalan lancar dan penuh khidmat. Kemudian pada kesempatan itu juga ada sesi pelatihan keterampilan membuat tas behel. Sesi itu dipresentasikan oleh Bu Zulia Hidayatul Laly. Materinya didapat dari pengalaman belajar beliau ketika mengikuti workshop yang diadakan oleh DWP Kota Malang sebulan yang lalu. 

Sementara itu, saat memberikan sambutan, Hj. Shofiyah Zainuddin, Ketua DWP UIN Maliki Malang menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pengurus serta anggota DWP UIN Maliki Malang, diantaranya:

3371_dwp.jpg

Pertama, Bu Shofi, begitu sapaan akrabnya itu berharap agar DWP UIN Maliki Malang segera menyusun schedule kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun dan hal tersebut merupakan tugas yang diamanahkan pada bagian kesekretariatan DWP. 

Kedua, menetapkan bersama terkait agenda pertemuan rutin DWP UIN Maliki Malang setiap sebulan sekali yakni pada hari Rabu di Minggu kedua. 

Ketiga, dalam menindaklanjuti undangan dari DWP Kota Malang, dipilihlah Bu Mukhtamaroh sebagai perwakilan delegasi dari DWP UIN Maliki untuk hadir pada pertemuan rutin yang akan diisi "Pelatihan Hand Painting dengan Media Hijab". Agenda tersebut dilaksanakan pada Kamis(21/10), bertempat di Ruang Srikandi, Lt. 2 Gedung Kartini yang beralamatkan di Jl. Tangkuban Perahu No. 1/B, Kota Malang.(ptt)

Lebih Lanjut »
NGAJI BARENG KH. ZAWAWI IMRON, AJAK TELADANI AKHLAK RASULULLAH
Fatkhul Ulum Jumat, 15 Oktober 2021 . in Berita . 35 views
3368_zawai.jpg

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) mengadakan kajian rutin di hari Jumat. Pada pekan kedua bulan Oktober ini diisi dengan sholawatan, bertepatan dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. Agenda kali ini menjadi sangat spesial karena menghadirkan salah seorang budayawan ternama di Nusantara, yakni sang Celurit Emas, K.H. Zawawi Imron. Acara yang mengusung tema Kajian Makna dan Tradisi Shalawatan ini dilaksanakan secara luring di lobi rektorat Lt. 1 dan juga bisa diikuti secara virtual dimana pun berada. Jumat(15/10)

Hadir saat acara Prof. Zainuddin,MA, Rektor UIN Maliki Malang, para wakil rektor, para dekan dan juga perwakilan dosen. Di samping itu, dimeriahkan juga oleh grup banjari dari Pusat Bahasa UIN Maliki Malang yakni Al Markazi. 

Menyambut awal acara, Prof. Zain sapaan akrab Rektor UIN Maliki menyampaikan bahwa kegiatan tersebut telah menjadi tradisi kampus. Narasumbernya tidak hanya dari golongan akademisi dalam kampus, namun juga sering mengundang narasumber dari luar, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat pemerintahan, hingga kaum budayawan seperti saat ini. “Oleh karena itu, agenda rutinan ini selain untuk pengembangan intelektual akademik juga dalam rangka pengembangan spiritual,” ucapnya.

Sementara itu, dalam ceramahnya K.H. Zawawi Imron mengupas tentang kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Setidaknya ada empat hal yang bisa dipetik, yakni perjuangan Rasulullah dalam berdakwah, kehadiran beliau di kehidupan umat manusia, bentuk kecintaan umatnya kepada beliau dan akhlak beliau di era modern. 

K.H. Zawawi Imron memulai ceramahnya dengan rasa syukur yang harus diungkapkan karena hal yang terindah perihal cintanya Nabi Muhamad pada umatnya. Hal itu menurut Kyai Zawawi mengingatkan kita sebagai umat Rasulullah hidup jauh dari masa beliau tetapi tetap akan mendapatkan cinta (syafa’at) nya. “Nabi Muhammad SAW menjadi ranking pertama sebagai tokoh berpengaruh perjuangan di dunia,” ujarnya. Perjuangan dalam hal dakwah, Rasulullah menjadi teladan yang terbaik. Dalam berdakwah, Rasulullah tidak pernah menyuruh orang lain berbuat baik sebelum beliau berbuat terlebih dahulu. Tangan beliau selalu digunakan untuk merangkul bukan untuk memukul. Selain itu, Beliau sangat mengutamakan akhlak. Melalui keindahan akhlak Rasul, seolah-olah tidak ada yang menyuruh untuk berbuat sesuatu, tetapi membuat kita tergugah untuk menirunya.

Kemudian, Kyai Zawawi munuturkan bahwa cinta itu bahasa yang lebih tinggi daripada kata-kata ilmiah. Getaran hati ini yang dapat menghadirkan Rosululloh SAW dalam hati kita. “Jika Rosululloh sebagai Rahmatan lil'aalamiin, tentara kasih sayangnya adalah kita,”ungkapnya. Dengan bersholawat, kita mudah merasakan bertemu dengan rosul. Namun bagi kaum pernyair sungguh tidak mampu melukiskan Cinta Rasulullah SAW.

Selanjutnya, Kyai Zawawi menjelaskan hakikatnya Maulid Nabi Muhammad SAW tidak sekadar menjadi acara yang diulang-ulang, tetapi juga haru bisa memperbarui cinta kita kepada baginda. Berbagai bentuk ekspresi cinta umat Islam di nusantara, seperti di Banyuwangi yang membuat telur berbentuk bunga pada saat acara Maulid Nabi. "Ini wujud ekspresi budaya, tidak ada yang melarang. Selama tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Oleh karenanya, hal ini menjadi momentum terbaik untuk memperbarui rasa kecintaan kita dan ini tradisi yang luar biasa di tanah air kita, jangan sampai dibuang! ", paparnya. 

Terakhir, Kyai Zawawi meningatkan bahwa akhlakul karimah di jaman modern sangat diperlukan. Kita umatnya harus meniru akhlak Rasulullah SAW. Apabila kita bertanya bagaimana akhlak beliau, akhlak Rosulullah SAW seperti tersurat dan tersirat dalam Al Quran. “Rasul itu Al Quran yang berbentuk manusia,” jelasnya. Sesungguhnya, jika kita membaca Al Quran, kita itu ibaratnya bertemu Rasulullah SAW dan ketika kita membaca sholawat, kita bertemu dengan Allah SWT. 

Begitulah pesan-pesan Sang Celurit Emas, K.H. Zawawi Imron, selama acara. Tidak lupa beliau menyampaikan syair-syair dari penyair terkenal, seperti Khoiril Anwar, penyair Lebanon, dan tokoh ternama lainnya.(alf/ptt)

 

 

 

 

 

 

 

Lebih Lanjut »
AUDIT INTERNAL, LPM KONTROL MUTU LAYANAN PRIMA UIN MALANG
Fatkhul Ulum Jumat, 15 Oktober 2021 . in Berita . 121 views
3366_audit.jpg

 

HUMAS- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada minggu minggu ini sedang gencar melakukan Audit Mutu Internal (AMI) salah satunya audit yang dilakukan di Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Shari’ah. Kegiatan yang berlangsung di ruang meeting Lt. 1, Gedung Megawati Soekarnoputri Fakultas Ekonomi ini bukanlah untuk melakukan penilaian/asesmen, melainkan untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan program dengan perencanaan kegiatan yang telah dibuat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat dan dihadiri oleh para pimpinan Fakultas Ekonomi, Tim Auditor dan team Percepatan Akreditasi Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Shari’ah. Kamis (14/10).

3367_auditor.jpg

Ketua Program studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Prof. Dr. H. Nur Asnawi, bersama tim memberikan penjelasan mengenai kurikulum yang berlaku di prodi tersebut, mulai dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) hingga kegiatan mahasiswa lainnya. Paparan tersebut dilihat, dicermati, dilakukan verifikasi langsung oleh Tim Auditor yang diketuai oleh Ibu Rizkie Amelia, M. Pd.

Menurut Prof. Asnawi, kegiatan Audit ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola yang masih kurang relevan, bahkan belum sesuai standart. Oleh karena itu, perlu kehadiran Tim auditor untuk melihat lebih dekat celah yang ada, ruang kosong yang perlu diisi, hingga sejalan dengan standart operating procedure (SOP) yang ditentukan . " Ya, dengan dilakukan audit secara internal seperti ini kita akan lebih tau sesuatu yang kurang, yang harus diisi, sebagai langkah untuk terus berbenah (continuous improvement)", ujarnya.

Meski kalahiran Prodi S-3 Ekonomi Syari’ah masih relatif baru tepatnya 06 Januari 2021, namun program studi in ini memiliki peminat cukup tinggi, mulai dari mereka yang masih fresh graduate, pengusaha, tenaga pendidik, bahkan sampai para birokrat. Adapun kompetensi keilmuan yang diharapkan setelah lulus mereka bisa menjadi seorang akademisi, researcher atau peneliti, dewan pengawas shari’ah, maupun entrepreneur.(alf/ptt)

 

 

 

Lebih Lanjut »
DUBES SAUDI LAUNCHING APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ONLINE
Fatkhul Ulum Rabu, 13 Oktober 2021 . in Berita . 117 views
3361_saud.jpg

 

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kedatangan tamu agung dari luar, yakni Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. Hadirnya Syekh Essam didampingi wakilnya bersama rombongan di kampus berlogo Ulul Albab disambut ramah oleh Rektor UIN Maliki, Prof. Zainuddin,MA bersama para wakilnya dan juga pimpinan lainnya. Rabu(13/10)

3362_saudi.jpg

Sejenak setelah saling sapa, salam dan berjabat tangan, maka rombongan Dubes masuk ruang loby gedung Rektorat menuju maket/miniatur gedung proyek pembangunan kampus III UIN Maliki yang berada di Kota Batu. Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Maliki, Dr. H. Isroqunnajah,M.Ag dengan sigap memperkenalkan sekaligus menjelaskan sekilas progres pembangunan kampus yang rencananya jika sudah jadi berbentuk lafal basmalah. Setelah itu, rombongan Syekh Essam masuk menuju ruang rektor untuk ramah tamah dan lanjut naik ke Aula Lt. 5.

3363_sau.jpg

Dalam sambutannya, Prof. Zain sapaan akrab rektor UIN Maliki mewakili seluruh sivitas dan warga kampus merasa senang dan bangga. Di awal sambutan orang nomer wahid di UIN Maliki itu langsung mengucapakan salam dan selamat datang kepada Dubes beserta rombongan. Selanjutnya, Prof. Zain juga mengucapkan terima kasih telah berkunjung untuk bersilaturahmi ke kampus dan berkenan memberi kuliah tamu secara daring maupun luring. 

3364_di.jpg

Selanjutnya, Prof. Zain menyampaikan kepada Syekh Essam tentang konsep Integrasi keilmuan yang diterapkan di kampus UIN Maliki. Kemudian menjelaskan pula perkembangan pembelajaran bahasa Arab di UIN, Mahad Al-Jamiah, HTQ, dan progam studi kedokteran sebagai pelayanan kesehatan jamaah haji dan umrah. 

3365_cin.jpg

Selain itu, tujuan kehadiran Syekh Essam yang memang sudah lama ditunggu yakni untuk melaunching Hayat Al-Arabiyah Tafa'uliyan Iliktruniyyan(HATI) yakni sebuah aplikasi untuk pembelajaran bahasa arab online di UIN Maliki Malang. Hal tersebut merupakan salah satu inovasi pembelajaran era milenial sekaligus sebagai bentuk support dan semangat kampus dalam menyebarkan dan mengembangkan pembelajaran bahasa arab di Indonesia.

 

Dalam kesempatan itu juga, Prof. Zain menyampaikan laporan terkait progres proyek pembangunan kampus III UIN Maliki Malang yang bekerjasama dengan Saudi Fund for Development (SFD). Hingga di akhir sambutan Profesor asal Bojonegoro itu berharap jalinan kerjasama dengan mitra Arab Saudi bisa terus terjalin dengan harmonis dan selalu berkembang di kemudian hari.(ptt)

Lebih Lanjut »
MAHASISWA SYARIAH JUARA LOMBA BUSINESS PLAN SE-JATIM
Fatkhul Ulum Sabtu, 9 Oktober 2021 . in Berita . 73 views
3360_iii.jpg

HUMAS-Kali ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang (UIN Maliki) harus berbangga karena tiga mahasiswanya meraih juara III lomba Business Plan se-Jawa Timur. Lomba ini diadakan oleh Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember sebagai tuan rumah tahun 2021. Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei – 26 Juni 2021 dan diikuti oleh mahasiswa studi ekonomi se-Jawa Timur.Sabtu(9/10) 

Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa, yakni Al Muazzami, Achmad Wahid Wibisono, angkatan 2018 dan Samarchony Safira angkatan 2019 Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), menyiapkan proposal dengan matang agar tampil maksimal dan mampu bersaing dengan peserta lain. Menariknya, proposal ini disiapkan ketika adanya pendaftaran perlombaan dan disusun secara otodidak tanpa adanya pembimbing. Proposal yang diangkat berjudul SMART BUMBES: Program Akselerasi Edukasi Literasi Keuangan Syariah di Masyarakat Pedesaan. 

Ide tersebut dirancang untuk memberikan solusi serta inovasi untuk mengembangkan masyarakat pedesaan dengan system smart bumdes. Al Muazzami, salah satu anggota Tim UIN Maliki, mengaku sangat bersyukur karena usahanya membuahkan hasil. “Sangat tidak mudah untuk sampai di posisi itu karena kami menghadapi tim-tim dari kampus lain yang persiapannya lebih matang, " ucapnya. 

Hasil lomba tersebut tidak menyurut mereka untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk perlombaan-perlombaan lainnya. Selain dapat menambah ilmu, mereka juga mendapatkan pengalaman berharga. Tim UIN Maliki bertekad untuk mempersiapkan dengan matang dan lebih baik di perlombaan selanjutnya. Mereka berharap dapat mengembangkan potensi diri demi terbentuknya bonus demografi yang kreatif dan inovatif perwakilan dari UIN Maliki. 

Perwakilan dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) UIN Maliki Malang, Bapak Fakhruddin Syarief, menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada tim tersebut. Menurutnya, prestasi tersebut yang sangat membanggakan bagi Prodi HES Fakultas syariah khususnya dan UIN Malang pada umumnya. Prestasi itu akan menjadi sumbangsih bagi Prodi HES dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitasnya. “Kami berharap prestasi ini akan menjadi pemicu bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengukir prestasi, baik akademik maupun non akademik,"pungkasnya.(alf)

 

 

 

 

 

Lebih Lanjut »
BAK PUSAT UIN MALIKI: FOKUS EVALUASI PMB 2021
Fatkhul Ulum Jumat, 8 Oktober 2021 . in Berita . 98 views

 

3358_ev.jpg

HUMAS-Evaluasi merupakan hal paling penting dalam suatu agenda. Tak terkecuali pada salah satu agenda rutin dari Unit Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), yakni agenda Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) Jalur Mandiri tahun 2021. Pasca sebulan lebih dari PMB tersebut, akhirnya unit yang diketuai oleh Imam Ahmad, M. Ag itu menggelar rapat evaluasi yang bertempat di Hall Atas Whiz Capsule Hotel Grand Bromo, Probolinggo. Jumat-Sabtu(8-9/10)

3359_evv.jpg

Prosesi rapat berjalan dengan lancar dan semua tamu yang hadir mengikuti rapat evaluasi tersebut sampai selesai. Dalam arahannya, Prof. Zainuddin, MA, Rektor UIN Maliki Malang berharap agar agenda seperti itu tetap diadakan setiap tahunnya. "Evaluasi seperti ini sangatlah penting dan memang dibutuhkan masukan ataupun saran dari pimpinan dan pihak terkait lainnya demi perbaikan mulai dari sistem, mekanisme dan inovasi yang dibutuhkan saat PMB berikut nya", paparnya.

Hingga diakhir rapat, diperoleh tiga rekomendasi yang harus segera ditindak lanjuti bagi unit BAK pusat, yakni :

Pertama, tersusunnya prosedur atau pedoman operasional baku (POB) penerimaan mahasiswa jalur mandiri baik dari jenjang Sarjana(S-1), Magister (S-2), dan Doktor(S-3) di UIN Maliki Malang.

Kedua, pemanfaatan dan dukungan teknologi informasi secara penuh baik dalam program sosialisasi dan proses pelaksanaan PMB.

Ketiga, menciptakan relasi dan kerjasama yang harmoni untuk bersinergi dalam sosialisasi universitas baik dari intra maupun ekstra kampus UIN Maliki Malang.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG DAN PT. POS INDONESIA SIAP MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA
Fatkhul Ulum Kamis, 7 Oktober 2021 . in Berita . 156 views
3357_mou.jpg

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) menjalin kerjasama dengan PT. Pos Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Kedua pihak memiliki rencana yang sama dalam mengembangkan kualitas pelayanan pendidikan, tidak hanya dalam negeri tetapi juga seluruh dunia. Untuk mewujudkan rencana tersebut, para pimpinan UIN Maliki melakukan pertemuan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Pos Indonesia di Ruang Rektor, Lt. 1, Gedung (HC) Ir. Soekarno.Kamis (7/10)

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin,M.A., Para Wakil Rektor, beberapa Dekan, Kepala Biro AAKK, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Kepala Bagian Kerja Sama dan Kelembagaan, Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta Siti Khoiriana (Direktur Bisnis, Kurir dan Logistik PT. Pos Indonesia), Kiagus Muhammad Amran (Executive Vice President Pos Jawa Timur) dan M. Ridwan (General Manager Pos Malang) dari pihak PT. Pos Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan pengembangan Kelembagaan UIN Maliki, Dr. H. Isroqunnajah, M. Ag, menyampaikan sambutannya dengan mengenalkan UIN Malang yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Dari status awalnya sebagai cabang Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya hingga menjadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang berkomitmen memadukan pendidikan kampus dan pesantren. Berbagai prestasi sudah pernah diraih hingga kampus ini mampu bersaing di era digital. “Mohon do’anya untuk saat ini ada mahasiswa kami yang sedang berkompetisi di Duta Kebudayaan Indonesia 2021 di Jambi", ucapnya.

Siti Khoiriana, Direktur Bisnis, Kurir dan Logistik PT. Pos Indonesia, mengaku sangat senang dengan adanya rencana dalam meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan karena hal ini sejalan dengan visi PT. Pos Indonesia, yaitu pelayanan yang sangat bagus hingga ke pelosok negeri bahkan ke seluruh dunia. “Kami membuka lebar-lebar kesempatan kerja praktek di tempat kami untuk semua bidang dan jurusan” tuturnya. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk bergabung menjadi tim oranger yang menjadi salah satu transformasi bisnisnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UIN Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin,M.A.,menyampaikan harapannya agar kerjasama antara UIN Malang dan PT. Pos Indonesia mengenai pelayanan pendidikan memberi manfaat. “Saya berharap kerjasama ini memberi manfaat kepada semuanya, terutama untuk mengabdi pada umat” pungkasnya. Acara tersebut ditutup dengan pemberian cindera mata dari kedua pihak.(alf)

 

 

 

 

 

Lebih Lanjut »
TRACER STUDY JADI KUNCI PENGEMBANGAN AKADEMIK
Fatkhul Ulum Rabu, 6 Oktober 2021 . in Berita . 113 views
3356_tracer.jpg

 

HUMAS-Salah satu faktor penting untuk pengembangan mutu perguruan tinggi adalah rekam jejak para alumni, sebab umpan balik alumni menjadi kunci dasar untuk mengevaluasi proses pendidikan di perguruan tinggi. Merespons hal tersebut Tim Tracer Study UIN Maliki rutin melaksanakan koordinasi pelacakan alumni, seperti yang kali ini dilakukannya di Ruang Sidang, Lt. 1, Gedung Sport Center(SC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui aplikasi Meeting Zoom. Selasa(6/10) 

Dr. Muh. Hambali, M.Ag Ketua tim Pelaksana Tracer Study UIN Maliki menyampaikan bahwa kegiatan tracer dilaksanakan mulai 26 s/d 30 Oktober 2021 via google form. Target alumni yang di-tracer yaitu lulusan 2019 dan 2020. Sampai berita ini dimuat, tercatat sudah ada 2599 lulusan 2019 yang sudah mengisi angket di google form dan lulusan 2020 sebanyak 2387.

Lanjut, masih kata Hambali bahwa tujuan Tracer Study adalah untuk mengetahui hasil pendidikan dari UIN Maliki di masa transisi dari proses perkuliahan ke dunia kerja. Selain itu juga mengidentifikasi kompetensi lulusan dan penyerapan lulusan UIN Maliki dalam dunia kerja. Hal tersebut bisa dijadikan review agar ke depan kampus lebih mampu menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Selain itu, tujuan lain dari tracer yakni membantu pemerintah dalam memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh di kampus.

Sementara itu Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Maliki Malang mengatakan bahwa perguruan tinggi sebagai institusi penyedia jasa pendidikan bergerak pada dua wilayah yaitu quality in fact dan quality perception. Konsep quality in fact mengacu pada upaya perguruan tinggi untuk merekam proses peningkatan mutu lulusan. Sedangkan konsep quality in perception lebih mengarah pada persepsi masyarakat di dunia usaha dan dunia industri terhadap mutu lulusan. “Hasil pelacakan alumni ini akan kami jadikan dasar untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi”, ucapnya. (hbl/ptt)

Lebih Lanjut »
FE JUARA 1 KOAN 2021
Fatkhul Ulum Rabu, 6 Oktober 2021 . in Berita . 79 views
3355_koan.jpg

HUMAS-Tim mahasiswa Akuntansi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) yang terdiri dari tiga anggota, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Nafachatus Shachariyah berhasil memenangkan Juara 1 pada ajang Olimpiade Akuntansi Nasional (KOAN) 2021 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI) wilayah Riau. Kompetisi secara daring itu berlangsung mulai 25 s/d 5 Oktober dan diikuti lebih dari 60 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Rabu(6/10). 

Pada ajang tersebut, terdapat empat kategori lomba dan kali ini tim dari UIN Maulana Malik Ibrahim terjun pada bidang Olimpiade Akuntansi. Pelaksanaan lombanya memiliki beberapa tahap, yaitu tahap penyisihan online, tahap siklus akuntansi, serta babak cerdas cermat dan presentasi. Sehingga tidak salah jika tujuan ajang itu adalah menumbuhkan jiwa kompetitif, inovatif, dan prestatif mahasiswa Jurusan Akuntansi yang ada di seluruh Indonesia. 

Rifqi Rizaldi, mengatakan bahwa dia merasa sangat senang dan bangga atas hasil yang telah diraih. “Alhamdulillah, saya sangat senang dan bangga karena kami bisa meraih Juara 1 KOAN 2021 pada bidang lomba Olimpiade Akuntansi. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih banyak kepada para dosen yang telah mendukung dan mendoakan kami”, ucapnya.

Achmad Nur Huda menambahkan dengan berharap semoga kegiatan KOAN itu bisa terus berlanjut pada tahun berikutnya, sehingga dapat menjadi wadah untuk berkompetisi bagi mahasiswa Akuntansi di seluruh Indonesia.

Sedangkan Nafachatus Shachariyah berharap agar generasi Akuntansi UIN Maulana Malik Ibrahim selanjutnya bisa memiliki jiwa kompetisi yang tinggi agar bisa bersaing di kancah nasional hingga internasional.(fe/ptt)

 

 

 

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up