Daftar Kategori: Berita


DEKAN FE BERI WEJANGAN MAHASISWA PESERTA PKL
Iffatunnida Jumat, 17 Mei 2019 . in Berita . 96 views
2061_pklfe.jpg

GEMA-Fakultas Ekonomi (FE) memberikan orientasi terkait Praktik Kerja Lapangan (PKL) kepada mahasiswa semester enam, Kamis (16/5). Kegiatan ini sekaligus tanda dimulainya program PKL tahun 2019. Dekan FE Dr. Nur Asnawi meresmikan permulaan program PKL di Aula Gedung Rektorat Lt. 5.
Asnawi mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peserta PKL. Salah satunya adalah etika. “Masing-masing peserta adalah miniatur institusi kita, mencerminkan bagaimana kualitas lembaga,” jelasnya. Ia menambahkan almamater FE UIN Malang harus dijaga. Akreditasi A yang diraih Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dan Fakultas Ekonomi harus dibuktikan dengan kualitas peserta PKL.
Sesi panel dinarasumberi oleh Dr. Ir. Masyhuri yang merupakan perintis penyusunan laporan di FE UIN Malang. Bersama tiga ketua jurusan di FE, ia memaparkan perbedaan PKL tahun ini dengan sebelumnya. “Istilah Praktik Kerja Lapangan Integrasi tahun ini hanya menjadi PKL saja,” tuturnya. Hal tersebut dikarenakan integrasi yang dimaksud merupakan pengabdian masyarakat yang tahun ini sudah dilaksanakan pada semester lima lalu. Buku pedoman, lanjut Masyhuri juga harus dimiliki oleh masing-masing peserta PKL.
Peserta, lanjutnya, harus memiliki program dan tujuan penelitian khusus selama pelaksanaan PKL. Beberapa kasus terjadi disebabkan peserta yang tidak memiliki program. “Saya sempat menemui mahasiswa diposisikan sebagai sekuriti,” tutur Masyhuri. Hal itu bisa diantisipasi dengan menentukan fokus penelitian, seperti akuntansi keuangan, manajemen sumber daya, dan sebagainya.
Setelah menentukan fokus, peserta membagi subfokus kepada masing-masing anggota. “Misalkan fokus di Manajemen SDM, subfokusnya ada job recruitment, placement staff, dan lainnya, itu dibagi ke masing-masing anggota,” jelas lulusan Ekonomi Pertanian itu. (ir/nd)

Lebih Lanjut »
TARGET STANDARISASI TOEFL
Iffatunnida Jumat, 17 Mei 2019 . in Berita . 94 views
2060_toefl.jpg

GEMA-Hari kelima pelaksanaan Standarisasi TOEFL (Test of English as a Foreign Languange) berjalan lancar. Tes tahunan yang dilakukan selama seminggu ini (13-17/5) melibatkan seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris semester genap. Pihak Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI) sebagai penyelenggara mengungkapkan harapannya.
Ketua PKPBI Dr. Syamsudin ingin agar mahasiswa dapat memenuhi target yang diharapkan UIN Malang. “Bagi mahasiswa S1, skor minimal ialah 450,” jelasnya. Hal ini merujuk pada edaran yang pernah dikeluarkan oleh wakil rektor bidang akademik.
Untuk merealisasikan hal tersebut, pihak PKPBI selalu mengevaluasi perkuliahan intensif semester genap yang memang difokuskan pada pembekalan TOEFL.
Dari segi materi, Direktur Pusat Pengembangan Bahasa Dr. M. Abdul Hamid serta ketua PKPBI telah membentuk tim penyusun buku English Test 101. Buku tersebut pun sudah diperlihatkan kepada pimpinan universitas. Bahkan, sudah dipakai di kampus lain. “Jadi saya rasa, tidak ada masalah dalam hal materi,” tutur Syamsudin.
Justru, lanjutnya, yang harus selalu dibenahi ialah pembelajaran di kelas. Ia selalu mengingatkan kepada tim pengajar PKPBI untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran di kelas. “Tentu mahasiswa juga harus menambah dengan belajar mandiri di luar kelas agar apa yang diajarkan tidak hilang,” imbuh dosen kelahiran Yogyakarta ini.
Asis Wahyudi, Ketua Divisi English Testing, menjelaskan pihaknya menyiapkan secara maksimal untuk pelaksanaan tes ini. Mulai dari mendata jumlah mahasiswa yang tes setiap harinya, audio file, juga lembar jawaban. “Buku soal terdiri dari empat kode sehingga kecurangan dalam ujian bisa diminimalisir,” paparnya. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG SHARE LAYANAN ONLINE PBAK DENGAN UIN JAKARTA
Abadi Wijaya Selasa, 14 Mei 2019 . in Berita . 120 views
2057_pbak-1.jpg


GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat kunjungan dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tamu yang berjumlah empat orang tersebut tiba di Gedung Rektorat disambut langsung Wakil Rektor bagian Kemahasiswaan Drs. H. Isroqunnajah, M.Ag, Kasubbag Humas Muhammad Edy Thoyib, SS., MA dan Romi Faslah,S.Pd I, M.Si Koordinator bidang Minat dan bakat di unit Kemahasiswaan, Senin (13/5).
Empat orang perwakilan dari UIN Syarif Hidayatullah tersebut adalah Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan Prof. Dr. Masri Mansoer, M.Ag, Kabag Keuangan Ummu Baroat, MM, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Ikhwan, M.Ag, dan R. Trisno Muh. Riyadhi, S.Kom, MM Kasubbag Pengelolaan Data dan Informasi.

2058_pbak-2.jpg


Tujuan kunjungannya kali ini untuk studi komparatif meningkatkan pengalaman dan wawasan pengembangan kegiatan lembaga kemahasiswaan Perguruan Tinggi di Syarif Hidayatullah Jakarta. “Kami ingin berdiskusi dan belajar tentang pengelolaan Pelaksanaan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) serta survey persiapan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) IX di UIN Malang,” terangnya singkat.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang, Drs. Isroqunnajah, M.Ag menjelaskan secara umum tentang pelaksanaan PBAK di kampus berlogo Ulul Albab ini. Menurut Gus Is sapaan akrabnya menjelaskan bahwa, sejak 2018 yang lalu UIN Malang sudah menerapkan layanan berbasis online dalam pelaksanaan PBAK. “Apa pun itu jenis informasi dan administrasi keperluan maba dilayani secara online,” jelasnya.
Contohnya, kata dia, ketika maba ingin mengetahui dan memperoleh materi PBAK maka seluruh peserta PBAK harus pro aktif mengakses informasi ter update secara online. “Mereka cukup melalui HP, ghagdet, smartphone, semua keperluan PBAK dapat terlayani lebih cepat dan efisien,” paparnya. (ptt/*)

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto, S.Psi

Fotografer: Putut WH

Editor: Ajay

 

2059_pbak3.jpg
Lebih Lanjut »
BSA: 2019 DULANG PENGHARGAAN INTERNASIONAL
Abadi Wijaya Jumat, 10 Mei 2019 . in Berita . 216 views
2052_bsa-juara.jpg
JUARA: Mahasiswa BSA saat menjuarai Gebyar Bahasa Arab (GBA) IAIN Cirebon, Kamis (25/4)

GEMA-Tahun 2019 ini menjadi istimewa bagi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Pasalnya setelah di akhir 2018 BSA telah menutupnya dengan berbagai prestasi, tahun ini pun BSA kembali beraksi. Berbagai prestasi nasional bahkan internasional berhasil diboyong jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Humaniora ini.

2053_bsa-juara-2.jpg

Beberapa hari yang lalu, mahasiswa BSA menjuarai debat yang digelar IAIN Cirebon, Kamis (25/4). Dalam gelaran Gebyar Bahasa Arab (GBA) IAIN Cirebon, BSA mengirimkan tim dari mahasiswa semester dua. Meskipun masih tergolong mahasiswa baru, mereka mampu menjadi juara. Juara yang berhasil diraih adalah Juara 2 Debat bahasa Arab (Ilma Nailu, Khozinul Asror, dan Lilik), Juara 2 MQK Fika Burhan, dan Juara 2 Lomba Insya' Nailur Rohman.

2054_juara-bsa-3.jpg
UIN Malang saat dinobatkan sebagai Juara 3 Debat Bahasa Arab Se-ASEAN dalam gelaran Unisi Arabic Debating Championship (UADC) ke-3 Yogyakarta (13-15/4).

Sebelumnya, UIN Malang telah dinobatkan sebagai Juara 3 Debat Bahasa Arab Se-ASEAN dalam gelaran Unisi Arabic Debating Championship (UADC) ke-3 Yogyakarta (13-15/4). Hal ini ditetapkan setelah Tim Debat Bahasa Arab BSA berhasil meraih Juara 3 Debat Bahasa Arab Tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tersebut. Tim debat ini terdiri dari Aditia Maulana (PBA), Nandang Nurdiansah (BSA), Mar’atun Nailur Rif’ah (BSA), dan Ayub Abdillah (PBA) sebagai pemain pengganti.

2055_bsa-juara.jpg
Dua mahasiswa BSA UIN Malang sesaat setelah mendapat penghargaan Best Speaker.

Bahkan dua mahasiswa BSA UIN Malang mendapat penghargaan khusus. Kedua mahasiswa tersebut adalah Nandang Nurdiansyah sebagai Terbaik ke-2 dan Mar'ah Nailur Rif'ah sebagai terbaik ke-4 Best Speaker Arabic Debate.

UADC 3 sendiri merupakan kompetisi tahunan Debat Bahasa Arab yang pada tahun ini diikuti oleh 27 tim, termasuk Negeri Jiran Malaysia. Ajang berskala internasional ini telah menggunakan sistem perpaduan, sistem debat di Qatar dan Malaysia. Dalam system ini terdapat 5 pertandingan di babak penyisihan. Kemudian perempat final oleh 8 tim teratas di papan klasemen. Yang selanjutnya babak semi final dan diakhiri babak final.

2056_bsa-juara.jpg

Dalam perjalannya, Tim Debat UIN berhasil menyapu bersih 5 kemenangan di babak penyisihan tanpa sisa. Kemudian, di babak 8 besar, UIN Malang berhasil mengalahkan UIN Yogyakarta untuk kemudian melangkah ke semifinal menghadapi kampus negeri tetangga, Universitas Malaya, Malaysia.

“Hanya syukur yang terpanjat, atas diraihnya prestasi mahasiswa BSA, mudah mudahan mereka terus berprestasi untuk mengukir dunia,” ujar Halimi. Ketua Jurusan BSA ini terus memotivasi mahasiswa agar selalu mengukir prestasi terbaiknya. “Fastabiqul khairat!” tegas sastrawan internasional ini penuh semangat. (nhl)

Lebih Lanjut »
PEMKOT SURABAYA DAN UIN MALANG TEKEN KERJASAMA, INI HARAPAN WALI KOTA RISMA
Abadi Wijaya Kamis, 9 Mei 2019 . in Berita . 201 views
2048_pemkot-1.jpg


GEMA-Pemerintah Kota Surabaya, Tri Rismaharini melalui dua utusan Staf Kesekretariatannya siang ini mengajak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melangsungkan penandatanganan nota kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya, Kamis (9/5).
Dalam isi kesepakatan tersebut, Tri Rismaharini mengajak UIN Maliki Malang bersama-sama meningkatkan SDM generasi mudanya melalui program beasiswa bagi mahasiswa UIN Maliki Malang. Selain itu, kerjasama ini dilakukan juga untuk mengimplementasikan isi dari tri dharma itu sendiri.

2049_pemkot-2.jpg

Nota kesepakatan bersama ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan pembangunan Kota Surabaya dan memberikan ruang kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mengembangkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Obyek kesepakatan bersama ini untuk memfasilitasi penyelenggaraan pengembangan pendidikan dan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.
Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi delapan bidang yaitu, Good governance bidang pendidikan; Pengembangan Sumber Daya Manusia; Kehidupan beragama; Pendidikan dan pelatihan; Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; Pemagangan dosen dan mahasiswa; Percepatan inovasi bidang teknologi dan informasi bidang keagamaan. “Selain itu masih ada sejumlah bidang lain yang releven untuk dikembangkan bersama,” paparnya.

2050_pemkot-3.jpg


“Atas nama Pemerintah Kota Surabaya kami sangat senang melakukan kerjasama dan berterima kasih kepada UIN Maliki Malang, semoga program ini bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak," harap Risma.
Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Maliki Malang Dr. Uril Bahruddin menegaskan bahwa kerjasama ini dilakukan baru pertamakalinya antara Pemkot Surabaya dengan UIN Maliki Malang. Dan UIN Malang ini satu-satunya perguruan tinggi negeri di Malang yang sudah teken kerjasama dengan Pemkot Surabaya. “Kedua belah pihak sepakat menigkatkan pembangunan SDM dan mewujudkan tri dharma di Kota Surabaya,” jelasnya.
Uril menjelaskan, kerjasama ini dalam implementasinya salah satunya pemberian program beasiswa oleh Pemkot Surabaya kepada mahasiswa asal Surabaya yang studi di UIN Maliki Malang. Selain itu, juga dilakukan melalui program PKLI bagi para mahasiswa serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Semoga kerjasama ini bisa meningkatkan SDM kedua belah pihak dan bisa membantu mengembangkan UIN Maliki Malang selaras denga visi misinya,” harapnya usai melakukan penandatanganan yang berlangsung di ruang rektor.

2051_pemkot-4.jpg

 

Lebih Lanjut »
RIDHA ZIKRI RAIH MEDALI EMAS PENCAK SILAT
Iffatunnida Rabu, 8 Mei 2019 . in Berita . 152 views
2047_zikri.jpg

GEMA-Dalam gelaran ASEAN Open Pencak Silat Champion 2019 di Jawa Barat, salah satu mahasiswa Fakultas Syariah UIN Malang mendapat medali emas. Ia Ridha Zikri, mahasiswa asal Negeri Serambi Mekah, Aceh. Dalam ajang tersebut, ia dan perwakilan dari beberapa negara ASEAN bersaing merebutkan predikat juara.
Kompetisi tersebut diadakan di GOR Universitas Sebelas April, Sumedang selama tiga hari (27-29/4). Tak hanya perwakilan negara, Zikri juga bersaing dengan atlet perwakilan daerah serta perwakilan perguruan tinggi undangan. “Saya menjadi perwakilan yang diundang melalui kampus UIN Malang,” tutur mahasiswa angkatan 2018 ini.
Ia sudah menggeluti dunia Pencak Silat sejak belia. Ajang perlombaan mulai diikuti ketika menjadi siswa SMA. Berbekal pengalaman di beberapa ajang perlombaan itu lah, ia mantap menerima tawaran untuk menjadi perwakilan kampus.
Selama masa pertandingan, Zikri berkesempatan menghadapi atlet dari Brunei Darussalam, Vietnam, dan Malaysia. Penampilan mereka, aku Zikri, sangat lihat. Namun, ia tidak ingin dihinggapi rasa pesimis. “Justru saat melihat penampilan lihai lawan, kita gunakan untuk observasi trik dan teknik mereka,” jelas mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara ini.
Cedera saat pertandingan juga ia alami. Dalam salah satu babak, ia mengalami benturan pada tangan, kaki, dan bibir hingga berdarah. “Tapi hal seperti ini pasti dialami semua atlet. Yang penting jangan terpancing emosi dan tetap sportif saat bertanding,” terangnya.
Tekad dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang manis dengan diperolehnya medali emas pada babak final. “Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari UIN Malang, bapak rektor, para dosen, serta teman-teman,” tuturnya.
Rekam jejak prestasi Zikri sudah diukir sejak berstatus siswa SMA. Ia pernah beberapa kali mendapat gelar juara dalam cabang olahraga yang sama. Salah satunya ketika mengikuti ASEAN High School di Filipina.
Prinsip yang ia pegang dan ditularkan dari orang tuanya ialah jangan takut untuk mencoba. “Juara urusan akhir, yang penting dicoba dulu,” jelas mahasiswa dengan IPK 3,95 ini. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
SK PNS DAN DTB PNS DISERAHKAN, INI PESAN REKTOR UIN MALANG
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2019 . in Berita . 272 views
2046_sk-3.jpg


GEMA-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag pagi ini mengajak seluruh PNS dan Dosen Tetap Bukan PNS (DTB PNS) Salat Duha dan istighotsah bersama di Masjid At Tarbiyah UIN Maliki Malang, Selasa (7/5).
Usai melaksanakannya dengan berjemaah, Prof. Haris melantik dan menyerahkan SK kepada 15 PNS angkatan 2018 serta menyerahkan SK DTB PNS angkatan 2018 dan penandatanganan kinerja DTB PNS angkatan 2016 dan 2017 sejumlah 226 orang.

2045_sk-2.jpg


Dalam sambutannya, Prof. Haris meminta agar semua PNS maupun DTB PNS untuk senantiasa menjaga amanahnya sebagai pendidik yang bisa menjalankan tri dharma perguruan tinggi dengan sebaik mungkin. Menjaga amanah ini tidak hanya dengan sesama manusia saja. Akan tetapi, pertanggunjawabannya langsung kepada Allah SWT. “Untuk itu, bekerjalah yang amanah, jujur dan produktif hanya semata-mata untuk ibadah dan mencari rida-Nya,” pesannya.
Bapak empat anak itu juga menghimbau agar bekerja jangan sampai ada manipulasi data, misalkan saja saat memberikan laporan hasil kinerja dengan merekayasa data dan melaporkan pekerjaan fiktif. Sikap seperti itu harus dijahui dan jangan sampai itu dilakukan bagi para dosen PNS dan DTB PNS di kampus Islam ini. “Saya amat tidak suka jika ada dosen yang bekerja tidak mengedepankan kejujuran,” paparnya.
Ini amat sangat penting agar niat dalam bekerja itu memiliki nilai sehingga setiap pekerjaan yang dikerjakan itu menjadi amal saleh. Ketika beramal saleh, niatnya pun juga harus benar semata-mata karena Allah SWT. “Jangan bekerja hanya karena takut rektornya atau kepala kabironya,” tegasnya.

2044_sk-1.jpg


Prof. Haris juga meminta agar semua yang dikerjakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang dikerjakan dengan ikhlas karena Allah SWT. Bekerja keras dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena Allah itu sudah menjadi anjuran atau bahkan perintah bagi setiap manusia. “Semua dosen dan pegawai di lingkungan UIN Maliki harus memberikan pelayanan prima kepada stakeholder atau mahasiswa dengan cara masuk kerja tepat waktu dan pulang sesuai dengan aturan yang berlaku,” terangnya.
Jangan sampai, ada satupun dosen maupun karyawan bekerja tidak produktif dan hanya menghabiskan energi listrik di kantor tanpa menghasilkan karya yang nyata. Jadi, jika masih ada yang seperti itu, maka hukumnya haram. “Semua itu nanti akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT, untuk itu selama di kampus harus bekerja sampai tuntas untuk melayani pengguna jasa di UIN Maliki Malang ini,” pesannya tegas. (aj/nhl)

Lebih Lanjut »
TIM MFQ UIN MALANG JUARA FESTIVAL QUR'ANI 2019 SURABAYA
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2019 . in Berita . 121 views
2043_htq-juara.jpg
CERIA: Tim MFQ HTQ UIN Malang saat memenangi Festival Qur’ani 2019 UKM Pengembangan Tahfidhul Qur’an (UPTQ) UIN Surabaya, Minggu (28/4).

GEMA-HTQ UIN Malang kembali mengukir prestasi. Kali ini dalam bidang Musabaqah Fahmil al Quran (MFQ). MFQ merupakan salah satu cabang lomba Festival Qur’ani 2019 yang diadakan oleh UKM Pengembangan Tahfidhul Qur’an (UPTQ) UIN Surabaya. Festival kali ini bertema Aktualisasi Nilai Qur’ani dalam Membentuk Karakter Generasi Bangsa yang Kompetitif.
Perwakilan HTQ UIN Malang untuk MFQ berhasil menyabet juara dua pada ajang bergengsi ini, Minggu (28/4). Tim yang terdiri dari mahasiswa semester dua ini berhasil mengumpulkan poin 1225. Mereka adalah Syaif El-Haq Jurusan Hukum Keuarga Islam, Muhammad Zulkurniawan, dan E. Haikcal Firdan El-Hadym keduanya adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).
“Luar biasa pengalaman yang saya dapat dari MFQ karena lomba ini merupakan ajang cerdas cermat mengenai al Quran. Seperti contohnya tentang kisah-kisah al Quran, terjemahnya, pembahasan-pembahasan tentang suatu ayat, ilmu waris atau faraid, dan tahfizh,” tutur Zul Ketua Tim MFQ HTQ UIN Malang. Menurutnya, kemenangan merupakan bagian dari kesuksesan, tetapi kegagalan dalam sebuah kompetisi adalah cara untuk terus memacu diri dan kemampuan.
“Bagi teman-teman yang belum beruntung untuk memenangkan perlombaaan ini, agar tetap berusaha, semua kegagalan adalah awal dari kesuksesan,” ujar Haikcal salah satu anggota Tim MFQ. Mahasiswa asal Madura ini terus memotivasi teman yang lain bahwa jangan pernah jera dengan kegagalan, tetap semangat, ikhtiar, dan tawakkal. “Mundur sedikit untuk bisa melesat lebih jauh bagaikan anak panah,” pungkasnya. (br/nhl)

 

Lebih Lanjut »
INVESTASI UNTUK LINDUNGI UANG KITA
Iffatunnida Senin, 6 Mei 2019 . in Berita . 81 views
2042_investasi.jpg

GEMA-Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) bersama Asisten Laboratorium Galeri Investasi Syariah (GIS) Fakultas Ekonomi UIN Malang menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah, Selasa (30/4). Acara yang terselenggara di Home Theater Fakultas Humaniora ini diikuti oleh mahasiswa yang telah membuka akun investor. Wakil Dekan FE Siswanto membuka acara tersebut.
Direktur GIS Nanang mengatakan agenda ini merupakan salah satu rangkaian edukasi pasar modal untuk mahasiswa. “Kita sudah melaksanakan sekitar 30 edukasi kecil di kantor GIS,” tambahnya. Hal senada disampaikan Siswanto. Dua bulan lalu GIS telah menyelenggarakan edukasi pasar berjangka untuk menyambut Industri 4.0. Siswanto berharap muncul investor-investor baru demi memberikan kontribusi untuk perekonomian bangsa. “Entrepreneur muda harus ikut acara seperti ini, supaya tidak hanya pada sektor riil, tapi juga pasar modal,” jelasnya.
Narasumber Dian Fajar dari Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan bahwa sebelum berinvestasi harus paham tujuannya terlebih dahulu. “Kita berinvestasi adalah agar nilai uang yang kita miliki tidak turun, padahal sebenarnya turun,” paparnya. Salah satu caranya dengan berinvestasi pada aset apapun dengan imbal hasil sebanding dengan kenaikan barang. “Investasi yang bagus adalah pada aset dengan imbal hasil di atas inflasi,” jelas Dian. Ia menambahkan inflasi Indonesia selama 10 tahun terakhir mencapai nilai 5%. “Kita bisa pilih investasi pada emas, obligasi, deposito, atau saham,” tambahnya.
Dian melanjutkan, objek investasi juga tergantung pada sifat investasi yang ingin dijalankan. “Kalau kita investasi jangka panjang tanpa resiko yang besar, bisa memilih obligasi,” tutur Dian. Investor yang ingin berinvestasi jangka panjang dengan resiko yang cukup tinggi, disarankan memilih saham. “Investasi tabungan tidak direkomendasikan karena nilai imbal baliknya lebih rendah daripada inflasi, hanya 2%,” pungkasnya. (ir/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up