Tim Robotic UIN Maliki Malang Juara I
Abadi Wijaya Kamis, 30 April 2015 . in Berita . 3296 views
567_robotic-uin.jpg

GEMA-Kata membanggakan itulah yang patut diucapkan kepada empat mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (TI) Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Abd. Charis Fauzan, M. Aruman Hasmi, Syaifudin Anshori dan M. Nizar.

Mereka telah memenangi kontes robotic yang diselenggarakan oleh Robotika UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung (22-24/4).
Tim robotic UIN Maliki Malang yang di wakili Ontaki 1 dan Ontaki 2 (Otomasi dan robotika UIN Maliki) mampu menjadi juara. Ontaki 1 meraih juara I kategori robot inovatif sedangkan Ontaki 2 meraih juara II dalam kategori kontes robot soccer. Tim Ontaki mampu menyisihkan para pesaingnya melalu robot rakitannya sendiri. Misalnya saja pesaing dari Institut Teknik Nasional Bandung, UIN SGD Bandung, dan UIN Makassar.
Tim Ontaki 1, Abd Charis Fauzan dan M. Aruman Hasmi yakin robotnya dapat mengatasi masalah yang ada pada masyarakat. Hal ini sesuai dengan kriteria dewan juri di ajang kontes robot nasional tersebut. “Alhamdulillah, Robot inovatif dengan konsep robot pemadam kebakaran ini, mampu menarik perhatian juri.” ujar M. Aruman Hasmi salah satu mahasiswa TI semester 4.
Untuk kategori kontes robot soccer sendiri. Tim Ontaki 2, Syaifudin Anshori dan M. Nizar melakukan kompetisi sepak bola antara robotnya dengan robot pesaingnya. Yang mampu memasukkan gol lebih banyak itulah pemenangnya. “ Pertandingan sepak bola robot lebih seru dibanding main play station,” ungkap salah satu pengendali robot soccer tersebut, Syaifudin Anshori.
asiswa TI UIN Maliki. Pasalnya, materi robotik selama ini hanya didapat melalui komunitas ONTA (Otomasi dan Robotika). Hal ini telah membuktikan mahasiswa Teknik Informatika tidak hanya fokus pada pembelajaran yang di berikan jurusan, tetapi juga bisa berkembang di bidang lain.
“Untuk selanjutnya ONTA akan membuat dan mengembangkan robot terbang dan robot under water (red. penyelam). dan akan lebih meningkatkan kualitas robotic untuk mengikuti event-event di tingkat Nasional maupun Internasional,” ungkap Abd. Charis Fauzan. (as)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up