TAMBAH WAWASAN FILOLOGI
Iffatunnida Jumat, 3 Agustus 2018 . in Berita . 143 views
1554_filologi.jpg

GEMA-Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengumpulkan para peneliti dan pemerhati Filologi dalam workshop Penelitian Filologi. Dilaksanakan di Aula Gedung Humaniora Lt.3, dua pemateri sekaligus dihadirkan. Keduanya yakni Kepala Pusat Kajian Naskah dan Khazanah Islam Nusantara Dr. Islah Gusmian yang juga dosen IAIN Surakarta dan Wakil Dekan Fakultas Humaniora Dr. M. Faisol Fatawi, Rabu (1/8).
Workshop ini merupakan kegiatan yang dirancang Unit Laboratorium Kajian Bahasa dan Budaya (LKBB) yang merupakan salah satu unit di fakultas tersebut. Workshop berfokus pada memberikan pengetahuan tentang konsep dan pelaksanaan riset di bidang Filologi.
Sri Muniroch, Ketua Pelaksana, menyatakan pihaknya ingin memberi bekal bagi para dosen yang tertarik mengkaji dan meneliti Filologi. Filologi sendiri merupakan cabang ilmu yang mengkaji teks dan naskah manuskrip sebagai sumber sejarah tertulis. Karena masuk dalam konsentrasi bahasa dan budaya, tugas Fakultas Humaniora ialah untuk mengembangkan keilmuan tersebut.
Sebelum mengajarkannya pada mahasiswa, lanjut Sri, para dosen yang harus diberi pemahaman mendalam mengenai Filologi. Sehingga ke depannya, mereka dapat berbagi ilmu pada mahasiswa sekaligus melakukan penelitian.
Unit LKBB sendiri merupakan wadah yang dirancang fakultas untuk menggerakkan kajian dan penelitian bahasa serta budaya. Khususnya yang berkaitan dengan budaya Islam nusantara. Filologi masuk ke dalam salah satu konsentrasinya. “Sesuai dengan tujuan, tugas LKBB ialah memfasilitasi para peminat dan peneliti dengan mengadakan beragam kegiatan,” jelas lulusan program doktor di Australia ini. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up