HUSEIN MUHAMMAD: PENTINGNYA KESADARAN TEOLOGIS
Abadi Wijaya Rabu, 10 Oktober 2018 . in Berita . 107 views
1647_husein.jpg
K.H Husein Muhammad Komisaris Komnas Perempuan memberikan materi Konsep Teologi Agama dalam ICON-UCE 2018, Selasa (9/10)

GEMA-Hari ini, Plenary Session I The 3rd International Conference On University – Community Engagemen 2018 berlangsung, Selasa (9/10). Kegiatan yang terlaksana di Aula Rektorat Lt. 5 tersebut dihadiri 3 pemateri yaitu, Minako Sakai, K.H Husein Muhammad dan Nurhady Sirimorok.

Husein Muhammad dalam pemaparan materinya menuturkan, kesadaran landasan teologi dalam agama Islam penting untuk dasar kehidupan manusia. Agama sebagai salah satu wujud nyata teologi mendasarkan bahwa sebenarnya ia dihadirkan untuk manusia dan ada demi nilai-nilai kemanusian. Manusia harus sadar akan martabatnya yang digerakan untuk memaknai kembali eksistensinya sebagai insan yang merdeka dan bermartabat. “Adanya basis teologi, agama memberikan peranan besar untuk mempertahankan dan memberi jalan keluar bagi problematika sosial,” terang Komisioner Komnas Perempuan ini.

Kemanusiaan, lanjut Husein, ialah salah satu tolak ukur nilai sosial di masyarakat. Manusia didorong untuk memperoleh tatanan kehidupan yang berkeadilan dan berkemanusiaan dengan teologi. Ditambah lagi transformasi sosial akan efektif jika tetap berpijak pada budaya, tradisi dan agama. “Selain itu peranan bangsa juga tak bisa lepas dari konsep teologi ini, negara yang baik dari segi sosial, gender maupun keyakitan menjadi pendukungnya.,” tutupnya. (mir/nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up