FJA HADIRKAN GUS MUS
Abadi Wijaya Kamis, 8 November 2018 . in Berita . 138 views
1686_kh-musthofa-bisri.jpg
Halimi Kajur BSA saat memberikan cendera mata untuk Gus Mus dalam Festival Jazirah Arab, Rabu (8/11)

GEMA-Festival Jazirah Arab menghadirkan KH.Musthofa Bisri sebagai pemateri seminar nasional. Kegiatan yang diinisiasi oleh HMJ Bahasa dan Sastra Arab ini berlangsung di Aula Lt. 5 Ged. Ir. Soekarno, Rabu (8/11).

Putra Alm.KH. Bisri Musthofa ini menyalurkan ilmunya melalui tema yang disediakan, Estetika Bahasa dan Sastra Wujudkan Perdamaian Nusantara. Menurutnya, sastra mampu mengajak seseorang untuk lebih mudah menerima suatu pendapat. “Ilmu itu esensinya adalah kebenaran, sedang seni esensinya adalah keindahan,” tutur Pengasuh Ponpes Roudhotut Tholibin.

Pemberian materi tersebut dirasa penting di zaman ini, dengan seni diharapkan dapat menjadi alternatif mewujudkan kedamaian. Al Quran adalah mukjizat yang balaghoh-nya mampu mengetuk hati Umar bin Khattab masuk Islam. Begitu pula dengan kekreatifan seninya walisongo dalam mengasimilasi rakyat terdahulu.

Beliau mengingatkan kepada peserta seminar, bahwa dakwah terbaik tetaplah melalui perilaku. “Sesuaikan perilaku kita dengan apa yang kita sampaikan,” ungkap Gus Mus dalam seminar berskala nasional ini.

Seminar yang dimoderatori oleh M. Faishol ini ditutup dengan pernyataan tentang pentingnya belajar sastra, sebab dengan keindahan sastra mampu menyatukan berbagai perbedaan. (syf/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up