PESAN GUS MUS
Iffatunnida Jumat, 9 November 2018 . in Berita . 115 views
1688_gus-musthofa.jpg
KARISMA: Gus Mus saat mengisi seminar nasional Festival Jazirah Arab di Aula Gedung Rektorat Lt. 5

GEMA-Tak hanya membincang sastra, KH. Musthofa Bisri juga memberikan wejangan pada peserta seminar nasional Festival Jazirah Arab, Rabu (7/11). Wejangannya tak lepas dari tema Sastra Ilahi yang ia bahas malam itu di Aula Lt. 5 Gedung Rektorat.
Sastra Ilahi, menurut Gus Mus, merupakan ayat al Quran yang Allah turunkan pada Rasul-Nya. Ia kemudian diteruskan dan digunakan sebagai alat syiar pada umat. Karena telah ada sejak zaman Rasulullah, sastra ilahi sudah akrab dengan masyarakat.
Mengkaji ayat demi ayat dalam al Quran, selain tentu bernilai ibadah, juga merupakan praktik dari kajian sastra. Memahami makna tersirat suatu ayat akan memberi kemaslahatan pula bagi pengkaji dan orang lain. “Tidak ada ruginya mempelajari sastra Ilahi. Keberadaannya menenangkan dan menjadi petunjuk untuk seluruh umat manusia,” paparnya.
Dengan meresapi ayat Allah pula, lanjut sahabat karib Gus Dur ini, seseorang akan merasa kecil. Semua ayat Allah menunjukkan betapa Maha Besar dan Kuasanya posisi Allah dan manusia hanyalah setitik. “Baca dan terapkan isi kitab suci kita. Menangislah karena itu berarti kita memahami betul penafsirannya,” tutup sosok penerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden RI pada 2015 lalu ini. (na/mir/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up