RIDHA ZIKRI RAIH MEDALI EMAS PENCAK SILAT
Iffatunnida Rabu, 8 Mei 2019 . in Berita . 255 views
2047_zikri.jpg

GEMA-Dalam gelaran ASEAN Open Pencak Silat Champion 2019 di Jawa Barat, salah satu mahasiswa Fakultas Syariah UIN Malang mendapat medali emas. Ia Ridha Zikri, mahasiswa asal Negeri Serambi Mekah, Aceh. Dalam ajang tersebut, ia dan perwakilan dari beberapa negara ASEAN bersaing merebutkan predikat juara.
Kompetisi tersebut diadakan di GOR Universitas Sebelas April, Sumedang selama tiga hari (27-29/4). Tak hanya perwakilan negara, Zikri juga bersaing dengan atlet perwakilan daerah serta perwakilan perguruan tinggi undangan. “Saya menjadi perwakilan yang diundang melalui kampus UIN Malang,” tutur mahasiswa angkatan 2018 ini.
Ia sudah menggeluti dunia Pencak Silat sejak belia. Ajang perlombaan mulai diikuti ketika menjadi siswa SMA. Berbekal pengalaman di beberapa ajang perlombaan itu lah, ia mantap menerima tawaran untuk menjadi perwakilan kampus.
Selama masa pertandingan, Zikri berkesempatan menghadapi atlet dari Brunei Darussalam, Vietnam, dan Malaysia. Penampilan mereka, aku Zikri, sangat lihat. Namun, ia tidak ingin dihinggapi rasa pesimis. “Justru saat melihat penampilan lihai lawan, kita gunakan untuk observasi trik dan teknik mereka,” jelas mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara ini.
Cedera saat pertandingan juga ia alami. Dalam salah satu babak, ia mengalami benturan pada tangan, kaki, dan bibir hingga berdarah. “Tapi hal seperti ini pasti dialami semua atlet. Yang penting jangan terpancing emosi dan tetap sportif saat bertanding,” terangnya.
Tekad dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang manis dengan diperolehnya medali emas pada babak final. “Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari UIN Malang, bapak rektor, para dosen, serta teman-teman,” tuturnya.
Rekam jejak prestasi Zikri sudah diukir sejak berstatus siswa SMA. Ia pernah beberapa kali mendapat gelar juara dalam cabang olahraga yang sama. Salah satunya ketika mengikuti ASEAN High School di Filipina.
Prinsip yang ia pegang dan ditularkan dari orang tuanya ialah jangan takut untuk mencoba. “Juara urusan akhir, yang penting dicoba dulu,” jelas mahasiswa dengan IPK 3,95 ini. (syf/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up