WIKIMEDIA: LOKAKARYA UNTUK CALON WIKIDATAWAN DAN WIKIDIAWATI
Abadi Wijaya Rabu, 29 Mei 2019 . in Berita . 240 views
2084_lokakarya-wikimedia.jpg
Dr. M. Faisol Fatawi, M.Ag saat memberikan sambutan di sesi pengantar buku Manaqib Ulama Nusantara bersanding dengan Biyanto Rebin Ketua Umum Wikimedia Indonesia. Senin (27/5).


GEMA-Perpustakaan Pusat UIN Malang menyelenggarakan acara workshop dan pelatihan lokakarya Wikidata. Acara yang bertajuk Membangun Basis Pengetahuan Ulama-Ulama Nusantara dengan sumber buku “Manaqib Ulama Nusantara” ini terlaksana atas kerjasama dengan Wikimedia Indonesia. Kegiatan ini bertempat di Rumah Jurnal, Gedung Perpustakaan Pusat UIN Malang Lt.1, Senin (27/5).

2085_lokakarya-wikimedia-2.jpg


Dalam sambutannya tentang buku Manaqib Ulama Nusantara, Dr. M. Faisol Fatawi, M.Ag. berpesan agar kerjasama antara UIN Malang dan Wikimedia dapat dicapai sebuah peningkatan. Peningkatan ini adalah pada akses penyebaran pengetahuan bebas khususnya di bidang pendidikan juga akademik. Yang menjadi catatan penting, masih menurut dosen berkopyah hitam ini, “Jangan sampai pengetahuan bebas berubah menjadi berita bohong atau hoaks!,” ungkapnya.
“Hindari pemberian data tertulis tapi tidak bisa dipertanggungjawabkan!” tegas penyunting buku Manaqib Ulama Nusantara yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan bagian Akademik Fakultas Humaniora ini.
Sedangkan ditanya saat jeda acara tersebut, Biyanto Rebin Ketua Umum Wikimedia Indonesia menyatakan harapannya setelah adanya MoU ini. Menurutnya, akan dilaksanakan acara semacam seminar dan pelatihan-pelatihan bagi anggota baru wikimedia sebagai calon wikidatawan dan wikidiawati. “Intinya agar segera terwujud semacam wikicorner atau wikiclub baik di kalangan dosen maupun mahasiswa UIN Malang,” ungkap pria berkaca mata asal Salatiga tersebut.

2086_lokakarya-wikimedia-3.jpg


Selanjutnya, acara berlangsung sampai menjelang waktu berbuka puasa. Diisi oleh dua pemateri, yaitu Ari Zuntriana, M.A. (Dosen UIN Malang yang sudah tergabung sebagai wikidiawati) dan Dr. Fariz Darari (Dosen UI yang tergabung sebagai wikidatawan). Setelah itu sesi hands-on peserta pengayaan data Ulama Nusantara dari Buku Manaqib di Wikidata. (ptt/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up