MAHASISWA ANGKATAN 2019 MENINGGALKAN MA’HAD
Iffatunnida Rabu, 17 Juni 2020 . in Berita . 1865 views
2795_out1.jpg

GEMA-Akhir tahun akademik, saatnya mahasiswa angkatan 2019 untuk meninggalkan ma’had. Jika dihitung, mereka tidak genap setahun beraktivitas ma’had karena pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease). Pihak ma’had pun mengerahkan tenaga dan sumber daya untuk membantu mahasiswa mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kelulusan dari ma’had. Seperti yang terlihat pada Selasa (16/6), sejumlah mahasiswa ditemani keluarga untuk memindahkan barang yang masih tersimpan di mabna.
Untuk mencegah terjadinya penumpukan jumlah mahasiswa setiap harinya, pihak ma’had bekerjasama dengan PTIPD (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data). Mukhlis Fuadi, Kepala PTIPD menyatakan timnya menyediakan situs sipaba.uin-malang.ac.id untuk diakses mahasiswa yang akan mengambil barang di mabna. “Mereka harus login dan memilih hari sesuai jadwal yang kami sediakan,” jelasnya.
Ia melanjutkan, dengan jadwal yang tertata dan jelas, tidak akan ada penumpukan mahasiswa di setiap harinya. Tercatat hingga (16/6) sudah 2.984 mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk mengambil barang sesuai jadwal. “Nah, sisanya 602 mahasiswa ini semoga segera cepat mengatur jadwal,” imbuhnya.

2796_out2.jpg


Musyrif Pusat Ma’had al Jami’ah. Alif Sakti Fadharis menyatakan, mahasiswa yang akan memasuki wilayah kampus untuk membereskan barang di ma’had akan melalui tahap standar protokol kesehatan. Ketika memasuki gerbang utama, mereka harus menunjukkan Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit kepada sekuriti. Tak hanya itu, pihak sekuriti akan mengukur suhu tubuh menggunakan thermo gun.
Selanjutnya, ketika berada di resepsionis wilayah ma’hada putra dan putri, mereka harus menunjukkan Surat Bebas Tanggungan Ma’had dan Kartu Inventaris. Saat memasuki setiap mabna, mereka diwajibkan mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang dibawa sendiri. “Mahasantri juga harus membawa alat tulis sendiri selain juga menggunakan masker atau face shield,” jelas Alif. Semua alur yang ketat ini dilakukan agar meminimalisir penularan Covid-19 dari pihak yang datang dari luar dengan para pengurus ma’had yang sudah diisolasi mandiri selama 10 hari. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up