UIN Maliki Malang Akan Mengadakan Tracer Study 2020
Abadi Wijaya Rabu, 4 November 2020 . in Berita . 264 views
3015_treser.jpg

 

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Bagian Kemahasiswaan dan Alumni kembali akan menyelenggarakan Tracer Study 2020. Oleh karena itu, diselenggarakan koordinasi untuk membahas instrumen tracer study 2020 sekaligus mengevaluasi pelaksanaan tracer study tahun sebelumnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan lantai satu Gedung Student Center Jenderal Soeharto pada (26/10) dan dihadiri oleh berbagai unit terkait seperti Bagian Kemahasiswaan dan Laumni, perwakilan masing-masing fakultas, Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD), dan perwakilan dari bagian atau lembaga lain. Selain itu dihadiri pula oleh Tim Teknis Tracer Study 2020.

Iwan Sugiarto, M.M, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dalam paparannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi seperti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang perlu melakukan tracer study atau pelacakan alumni setiap tahunnya. Tracer study sangat bermanfaat untuk peningkatan reputasi lembaga, kepentingan akreditasi, dan sebagai indikator kinerja utama UIN Maliki Malang. Tidak kalah penting, tracer study juga bermanfaat untuk mengetahui jejak lulusan dan kiprahnya di dunia kerja. Melalui tracer study UIN Maulana MAlik Ibrahim Malang dapat menjaring masukan dari lulusan dan pengguna alumni terkait berbagai hal bagi pengembangan UIN Maliki Malang. Harapannya respon dari alumni untuk mengisi Tracer Study 2020 semakin baik dari sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut dibahas tentang metode tracer, yaitu menggunakan exit kohort atau kelompok lulusan, yaitu lulusan tahun 2018. Tidak kalah pentingnya yaitu finalisasi instrumen, sistem tracer study, dan time line kegiatan tracer study 2020. Sasaran Tracer Study 2020 adalah alumni UIN Maliki Malang yang lulus tahun 2018 pada program sarjana atau strata satu.

Tracer study 2020 ini rencannya akan dilakukan mulai Kamis, tanggal 5 November 2020 sampai hari Senin tanggal 30 November 2020. Harapannya paling tidak terdapat tujuh ratus sepuluh alumni yang berpartisipasi untuk mengisi kuesioner online yang ada di laman https://alumni.uin-malang.ac.id/tracer/ atau melalui link : http://s.id/TracerUINMlg2020. Login untuk masuk pada aplikasi tersebut menggunakan NIM para alumni. Dan jika ada yang lupa. Tim menyediakan kontak person untuk bisa mengetahui NIM masing-masing.

UIN Maliki Malang telah memilih perwakilan dari beberapa fakultas untuk menjadi profil sebagai duta sosialisasi untuk kegiatan Tracer Study 2020. Seperti M. Firdaus Imaduddin dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang menjadi CEO RO Production, dari Fakultas Ekonomi ada Mifta Layli Abidah yang bekerja di BNI Syariah Cabang Surabaya. Ada juga Moh. Abduttawwab Lahny yang disamping sebagai penyluh agama, alumni Fakultas Syariah ini juga sebagai Owner Ellahny Corp. Alumni Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu M. Galang Arbi Sutanto yang bekerja di PT Adhi Karya. Ada juga alumni Fakultas Psikologi bernama Saktya Alief Al Azhar yang menjadi Human Resource di PT. Bina Mahasiswa Indonesia (Liga Mahasiswa). Dari FKIK ada Mochamad Firman Amrulloh sebagai Apoteker di Klinik Mutiara Sehat. Dan ada beberapa alumni lain sebagai influencer dan getuk tular informasi kepada para alumni yang lain.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up