PROF. RETNO: TINJAU MANFAAT HABBATUSSAUDA
Iffatunnida Kamis, 14 Januari 2021 . in Berita . 126 views
3073_retno2.jpg

GEMA-Makin maraknya alternatif penyembuhan serta pencegahan sindrom metabolik di kalangan masyarakat membuat para peneliti makin giat mempelajari kegunaan bahan atau tumbuhan di sekitar. Salah satunya ialah dosen senior Jurusan Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Retno Susilowati, M.Si. Orasi ilmiah yang menjabarkan manfaat jinten hitam disampaikan di momen pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Biologi di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Selasa (12/1).
Jinten hitam, atau yang juga dikenal sebagai habbatussauda, memang baru marak beberapa tahun ini sebagai alternatif untuk beragam penyakit. Namun, seperti yang dikutip Prof. Retno, sejak era Rasulullah SAW, jinten hitam sudah disebut memiliki banyak khasiat. Terbukti bahwa hal tersebut tertulis dalam hadis shahih riwayat Bukhari dan Muslim.
Dalam pemaparannya, setidaknya ada tujuh manfaat jinten hitam menurut hasil penelitian Prof. Retno. Salah satunya ialah sebagai anti resistensi insulin. Jika dibandingkan dengan obat metformin, standar obat bagi penderita diabetes, jinten hitam memberi efek positif yang lebih besar.
Namun, tidak ada ilmu pasti yang bisa dihasilkan oleh manusia. Sebagai makhluk Allah, Prof. Retno menyatakan bahwa manusia hanya bisa berusaha. “Tentu pengobatan menggunakan habbatussauda adalah ikhtiar manusia. Kesembuhan yang didapat adalah atas izin Allah,” jelasnya. Pengobatan alternatif ini bisa saja kurang berhasil bagi sebagian orang karena beberapa faktor. Seperti, kecocokan dosis, waktu pengobatan, serta ada atau tidaknya penghambat dalam tubuh. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up