TRACER STUDY JADI KUNCI PENGEMBANGAN AKADEMIK
Fatkhul Ulum Rabu, 6 Oktober 2021 . in Berita . 375 views
3356_tracer.jpg

 

HUMAS-Salah satu faktor penting untuk pengembangan mutu perguruan tinggi adalah rekam jejak para alumni, sebab umpan balik alumni menjadi kunci dasar untuk mengevaluasi proses pendidikan di perguruan tinggi. Merespons hal tersebut Tim Tracer Study UIN Maliki rutin melaksanakan koordinasi pelacakan alumni, seperti yang kali ini dilakukannya di Ruang Sidang, Lt. 1, Gedung Sport Center(SC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melalui aplikasi Meeting Zoom. Selasa(6/10) 

Dr. Muh. Hambali, M.Ag Ketua tim Pelaksana Tracer Study UIN Maliki menyampaikan bahwa kegiatan tracer dilaksanakan mulai 26 s/d 30 Oktober 2021 via google form. Target alumni yang di-tracer yaitu lulusan 2019 dan 2020. Sampai berita ini dimuat, tercatat sudah ada 2599 lulusan 2019 yang sudah mengisi angket di google form dan lulusan 2020 sebanyak 2387.

Lanjut, masih kata Hambali bahwa tujuan Tracer Study adalah untuk mengetahui hasil pendidikan dari UIN Maliki di masa transisi dari proses perkuliahan ke dunia kerja. Selain itu juga mengidentifikasi kompetensi lulusan dan penyerapan lulusan UIN Maliki dalam dunia kerja. Hal tersebut bisa dijadikan review agar ke depan kampus lebih mampu menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Selain itu, tujuan lain dari tracer yakni membantu pemerintah dalam memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh di kampus.

Sementara itu Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Maliki Malang mengatakan bahwa perguruan tinggi sebagai institusi penyedia jasa pendidikan bergerak pada dua wilayah yaitu quality in fact dan quality perception. Konsep quality in fact mengacu pada upaya perguruan tinggi untuk merekam proses peningkatan mutu lulusan. Sedangkan konsep quality in perception lebih mengarah pada persepsi masyarakat di dunia usaha dan dunia industri terhadap mutu lulusan. “Hasil pelacakan alumni ini akan kami jadikan dasar untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi”, ucapnya. (hbl/ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up