Daftar Penulis: Fatkhul Ulum


PASCA LIBURAN IDUL FITRI ASN UIN MALANG KEMBALI AKTIF KERJA
Senin, 9 Mei 2022 . in Berita . 380 views
3773_kastolan.jpg

 

HUMAS-Pasca liburan panjang Idul Fitri, mulai hari ini Senin (9/5) para ASN kembali bekerja, begitu juga dengan para ASN di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengawali masuk kerja pasca liburan panjang diisi dengan kegiatan silaturahmi antar warga kampus.

Kali ini, turut hadir langsung Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, Kastolan, S.Pd., M.Si sidak di UIN Malang, kehadirannya di sambut hangat seluruh warga kampus. Dalam ajang silaturahmi nya Kastolan meminta seluruh ASN di UIN Malang untuk kembali aktif bekerja guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Selain itu juga harus tetap semangat dan menjaga disiplin kerja pasca liburan panjang idul fitri ini," harapnya.

Lebih Lanjut »
UIN MENGABDI, AJAK MASYARAKAT PERDALAM ILMU AGAMA
Senin, 18 April 2022 . in Berita . 458 views
3793_saiful.jpg

HUMAS-Tim UIN Mengabdi tahun 2022 mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan pemahaman keagamaan. Peningkatan pemahaman keagamaan ini dilaksanakan melalui pendalaman kajian kitab kuning. Dengan pemahaman keagamaan yang baik diharapkan akan mampu meningkatkan keimanan dan spiritual. Hal ini akan membantu melancarkan program besar pemerintah, yaitu menjaga dan merawat rumah besar yang bernama NKRI, “salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman agama, keimanan dan spritual masyarakat, agar kedepan bisa menjaga dan merawat NKRI secara bersama-sama” Jelas Syaiful Mustofa, salah satu tim UIN Mengabdi.

Tema pengabdian yang diusung ‘living sunnah’, yaitu membumikan hadits nabi di tengah kehidupan masyarakat. Hadits nabi tidak hanya sekedar dibaca dan dikaji, akan tetapi harus dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya kajian kitab Bulughul Maram dengan tema Adab dan pembacaan wirid Ratib al Haddad. Kajian dilaksanakan setiap hari pada tanggal 1 sampai 17 Ramadhan 1443 H bertepatan tanggal 2 – 18 April 2022 yang berlokasi di Masjid Raden Rahmat Merjosari Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 16.30 sampai maghrib, “manfaat kegiatan ini banyak sekali diantaranya memberikan wawasan pemahaman agama, memakmurkan masjid, syi’ar Ramadhan, takjil dan buka puasa bersama-sama” tegas Bapak Abdullah, Lurah Merjosari sekaligus pembina ta’mir masjid.

Bahasan pertama pada tema Adab adalah menjelaskan tentang hak dan kewajiban seorang Muslim terhadap Muslim lain yang ada enam hal, yaitu mengucapkan salam dan menjawabnya, memenuhi undangan, menjenguk orang sakit, mendoakan orang bersin, memberikan nasihat, mengantar jenazah sampai ke kuburan. Bahasan hadits selanjutnya pada tema ini adalah tentang tata cara dan etika bermasyarakat yang baik, ajaran tentang bagaimana bermasyarakat menurut teori Rasulullah SAW. Teori bermasyarakat ini sangat diperlukan ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang plural dan modern saat ini, “saya senang ikut kegiatan kajian ini, disamping untuk menambah wawasan bermasyarakat juga menambah keberkahan di bulan Ramadhan ini” ujar Bapak Kuswantono warga Merjosari pensiunan PT. Jasa Tirta.

Peserta kajian ini diikuti sekitar 30-an dari masyarakat dan mahasiswa, jika menjelang maghrib bisa mencapai 150-an orang. “Saya senang ikut kajian ini, bermanfaat bagi pengembangan diri sebagai bekal kelak ketika pulang kampung dan mengabdi di masyarakat” jelas Ibnu Ya’kub mahasiswa UIN Malang. Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang peserta, “kegiatan di masjid Raden Rahmat ini sangat menarik bagi mahasiswa karena menyediakan ta’jil dan buka bersama secara gratis setiap hari selama bulan Ramadhan, lokasinya strategis, masjidnya bersih dan tempat parkir luas” Ungkap Musyaffak mahasiswa UIN Malang asal Tulungagung. 

Kajian kitab dilaksanakan sekitar satu jam. Setelah itu dilanjut pembacaan wirid Ratib al-Haddad sekitar 15 menit menjelang adzan maghrib. Tujuannya untuk membiasakan warga masyarakat membaca wirid di pagi dan sore hari. “Dengan membaca wirid rutin diharapkan terciptanya kedamaian dalam hati. Hal ini akan menunjang terciptanya kerukunan dan kedamaian antar warga masyarakat. Semoga kegiatan semacam ini dilanjutkan secara rutin setelah bulan Ramadhan” tegas Bapak Abdullah, Lurah Merjosari.

Lebih Lanjut »
AMANAT REKTOR UNTUK CPNS 2021
Kamis, 31 Maret 2022 . in Berita . 260 views
3726_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA,. di dampingi Wakil Rektor II Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si beserta Wakil Rektor III Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dalam rangka penyerahan SK CPNS formasi tahun 2021.

 

HUMAS-Bersyukur bagi para CPNS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Formasi tahun 2021 karena telah baru saja menerima SK yang secara langsung diserahkan oleh Rektor. Bertempat di ruang sidang Lt. 3 Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno. Prof. Dr. M. Zainuddin, MA didampingi oleh ketua senat Universitas, para wakil rektor, para Kabiro, Kepala LP2M dan Ketua OKH beserta staf yang terkait lainnya. Kamis(31/3)

Usai penyerahan SK kepada para CPNS formasi tahun 2021, Prof. Zain sapaan akrab rektor UIN Maliki Malang ini menghimbau sekaligus menegaskan kepada para pegawai tendik maupun tenaga kependidikan yang baru agar berkomitmen tinggi dalam mengemban tanggungjawabnya. "Jadi yang terpenting sebenarnya bukan soal SK-nya namun tanggungjawab anda terhadap tugas yang telah diamanahkan! ", ucapnya.

3727_a.jpg

Ibarat prosesi ijab Qabul, menurut orang nomer Wahid di kampus berlogo Ulul Albab ini apabila secara sah atau resmi SK telah diserahkan kepada para pegawai yang baru maka sejak saat itu pula tanggungjawab terhadap tugas telah menjadi kewajibannya.

Selanjutnya, Profesor asal Bojonegoro ini berharap kepada para pegawai baru baik tenaga pendidik (tendik/dosen) maupun tenaga kependidikan/staf untuk segera beradaptasi dengan lingkungan akademik kampus. "Ciri khas dari warga kampus kita ini adalah memiliki kedalaman spritual, keagungan akhlak/moral dan berintelektual", jelasnya. Sehingga selain nanti ada pelatihan pedagogik maka ditambah pendidikan moderasi beragama.

3728_a.jpg

Oleh karena itu sangat diharapkan para pegawai baru tersebut bisa bersungguh-sungguh, bersemangat dalam menjalankan amanah, bekerjasama dan tetap berprestasi. Sehingga dari hal itu bisa mensupport terwujudnya visi besar universitas yakni unggul dan bereputasi internasional.(ptt)

Lebih Lanjut »
LPM SOSIALISASI SIBIDUAN
Senin, 28 Maret 2022 . in Berita . 280 views
3711_a.jpg

HUMAS-Lembaga Penjaminan Mutu(LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para operator aplikasi Sibiduan. Aplikasi yang sebelumnya telah disosialisasikan kepada para Kaprodi dan personalia UPM Fakultas.itu digunakan untuk memetakan bidang keahlian dan homebase dosen. Sehingga Bimtek kali ini memiliki tujuan agar operator siap mengoperasikan aplikasi Sibiduan dengan tepat dan lancar. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Meeting LPM, Lt.4 Gedung Rektorat Ir.(HC) Soekarno. Senin(28/3)


Menurut Helmy Syaifuddin,Ketua LPM UIN Maliki Malang terkait urgensi pemetaan bidang keahlian dosen dalam konteks akreditasi prodi bahwa sebenarnya program studi yang baik adalah prodi yang memiliki minimal 12 dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi inti program studi. Dosen semacam itu biasa disebut DTPS (dosen tetap program studi). DTPS seyogyanya adalah dosen homabase. Jumlah dosen homabase untuk setiap program studi minimal 5 orang dan itu merupakan syarat pendirian program studi baru. “Jadi, kalau sekarang ada prodi lama dengan jumlah dosen homebase-nya kurang dari lima orang maka itu adalah aneh, seharusnya jumlahnya bertambah, bukan sebaliknya malah berkurang”,terangnya. Oleh karena itu, masih menurut Helmy bahwa adanya program pemetaan bidang keahlian dosen yang sedang dilakukan ini sangat penting untuk menambahkan dosen homabase dan DTPS di setiap prodi dalam rangka peningkatan kualias program studi yang berkelanjutan.
Selain itu Helmy juga menambahkan aplikasi Sibiduan dirancang terintegrasi dengan aplikasi lain yang dikembangkan oleh LPM, seperti E-SPMI dan E-Audit. Aplikasi tersebut saat ini sangat membantu universitas dalam menjalankan siklus SPMI dan mendukung ketersediaan bukti sahih atas implementasi PPEPP bagi program studi.

3712_a.jpg


Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AAKK), Dr. Barnoto,M.Pd.I menyampaiakan bahwa proses pemetaan bidang keahlian dosen sedang dilakukan di UIN Maulana Malik Ibarhim Malang pada triwulan pertama tahun ini. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dosen Program Studi(prodi), baik dari sisi kecukupan jumlah dosen, kesesuaian bidang keilmuannya dengan kompetensi inti program studi, kualifikasi akademik, jabatan akademik, maupun kesesuaiannya dengan penugasan.
Sehingga Kabiro yang sebelumnya menjabat sebagai Kabiro AUAK (Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri ini sangat berharap dalam bimbingan teknis Sibiduan diharapkan para operator dari semua prodi menyimak dengan baik penjelasan dari Staf LPM bidang TI, yakni Supriyono agar tidak terjadi kekeliruan pada datanya. Dengan demikian, selain untuk keperluan pemetaan bidang keahlian dosen, data yang benar dan valid yang di-input pada Sibiduan akan bermanfaat untuk updating data dosen pada Sister (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) dan PD-Dikti (Pangkatan Data Pendidikan Tinggi).


Acara bimtek Sibiduan berjalan dengan baik dan lancar. Menjelang akhir sesi bimtek, para peserta diminta memberikan saran atau masukan untuk optimalisasi aplikasi Sibiduan. Sebagai informasi bahwa pelaksanaan input data dosen tersebut akan dikendalikan dan dijamin oleh para Wakil Dekan Bidang Akademik dan Wakil Direktur sesuai dengan surat pemberitahuan yang diterbitkan oleh Kepala Biro AAKK.

Lebih Lanjut »
SYARIAH LAUNCHING PRODUK BARU
Senin, 28 Maret 2022 . in Berita . 417 views

 

3708_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di dampingi Para Wakil Rektor Beserta Dekan Fakultas Syari'ah dan jajaranya meluncurkan/meresmikan beberapa produk baru sebagai ikon unggulan yaitu Family Corner, Ruang Guru Besar, Aplikasi Syariah Mobile, Mootcourt Corner dan Qiblatuna," di gedung Fakultas Syari'ah.

HUMAS-Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaunching sejumlah produk baru sebagai "ikon ciri kas" atau menjadi distingsi dari fakultas-fakultas syariah di perguruan tinggi lainnya dan rayakan capaian prestasi baru. Acara berlangsung di ruang loby Lt. 1 Gedung Megawati Soekarnoputri. Senin(28/3)

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah UIN Maliki Malang, Dr. Sudirman Hasan, M.A menyampaikan rasa bersyukur dan berterimakasih atas kehadiran para tamu. Karena memang begitu spesialnya acara tersebut maka banyak menghadirkan orang-orang penting di kampus yang berlogo Ulul Albab ini, diantaranya Rektor beserta para wakilnya, perwakilan Dekan, para dosen dan staf Fakultas Syariah serta perwakilan mahasiswa yang terkait lainnya.

3709_a.jpg
Dekan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Sudirman Hasan, M.A dalam sambutan kegiatan diatas.


"Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini kami(keluarga besar fakultas Syariah) akan meluncurkan/meresmikan beberapa produk baru sebagai ikon unggulan yaitu Family Corner, Ruang Guru Besar, Aplikasi Syariah Mobile, Mootcourt Corner dan Qiblatuna," paparnya.

Kemudian, sebelum secara simbolis prosesi diresmikan oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim yaitu Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. Dalam arahannya, Profesor asal Bojonegoro ini menyampaikan rasa senang dan bangganya karena mulai saat ini telah ada inisiasi, inovasi dan banyak prestasi dari setiap fakultas untuk memajukan lembaga dan mensupport visi besar kampus UIN Maliki. "Saya begitu senang sekali dari setiap fakultas di kampus kita ini telah berkompetitif untuk berjuang mengembangkan lembaga demi tujuan besar yakni menjadi unggul dan bereputasi internasional", terangnya.

3710_a.jpg

Acara diresmikan langsung oleh Rektor secara simbolis dengan pemotongan pita di depan salah satu ruangan baru yakni family corner. Lalu ditandai pula dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor yang diberikan kepada Dekan fakultas Syariah.

Menjelang akhir acara, dilaksanakan prosesi penyerahan trofi dan penghargaan atas prestasi tim mahasiswa Syariah UIN Maliki yang telah menjadi juara umum di ajang UII LAW FAIR 2022 Yogyakarta. Di event tersebut UIN Maliki Malang keluar sebagai juara 1 Debat HUKUM dan juga sebagai bestspeaker atas nama dari Achmad Kurniawan.(ptt)

Lebih Lanjut »
SPI UIN Maliki Tingkatkan Penguatan Kapasitas Pengawasan Internal
Jumat, 25 Maret 2022 . in Berita . 442 views
3702_a.jpg

 

HUMAS-Dalam rangka penguatan kapasitas kepengawasan internal di lingkungan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Unit Satuan Pengawas Internal(SPI) menyelenggarakan Workshop. Bertempat di ruang meeting LPM, Lt. 4 Gedung Rektorat, agenda yang dikemas dengan model training semi Forum Group Discussion (FGD) ini mendatangkan dua orang narasumber yang sangat berkompeten dan ahli di bidangnya, yakni Dr. Agung Haryono SE, MP, Ak. dan Taufik Kurrohman, Ph.D., SE., MSA. Ak,.Kamis(24/3)

3703_a.jpg

Dalam sambutannya saat sesi pembukaan acara tersebut, Wakil Rektor bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M. Si menyampaikan bahwa dengan ditopang Kapasitas Kepengawasan Internal yang memadai maka akuntabilitas publik akan senantiasa dapat tingkatkan. Begitu singkat, padat namun jelas sekali dari pernyataan tersebut. Sehingga pelaksanaan acara tersebut diharapkan mampu memberikan hasil optimal dan kontribusi yang positif serta signifikan terhadap kinerja di setiap unit yang terkait.

 

3713_a.jpg


Para peserta yang diundang adalah mulai dari Kabbag Umum Universitas, Korbid. Perencanaan dan Korbid. Keuangan dan para pengelola keuangan, Korbid. OKH, beserta para dosen dan staf yang telah direkomendasikan Dekan.(ptt)
Selain itu, hal tersebut memiliki sinkronisasi dengan apa yang dipaparkan oleh Muhammad In’am Esha, Kepala SPI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bahwa kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepengawasan Internal merupakan bagian dari upaya kampus berlogo Ulul Albab itu dalam rangka mengembangkan -governance, compliance, and risk management untuk mengawal pencapaian target utama menuju visi dari universitas yakni Unggul dan Bereputasi Internasional. “Menjadi Perguruan Tinggi (PT) yang Unggul dan bereputasi Internasional adalah cita-cita besar yang harus diwujudkan oleh kita semua sehingga kegiatan ini menjadi salah satu bagian alur strategis dalam mewujudkan cita-cita besar tersebut", ungkapnya.

Lebih Lanjut »
PELANTIKAN KPU DAN PANWASLU DALAM PEMILWA UIN MALIKI MALANG TAHUN 2022
Senin, 21 Maret 2022 . in Berita . 430 views
3691_a.jpg
Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama ( Kabiro AAKK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I.,saat melantik KPU dan PANWASLU Dalam Pemilwa Tahun 2022.

HUMAS-Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama ( Kabiro AAKK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I.,mengukuhkan personalia Komisi Pemilihan Umum(KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dalam rangka Pemilwa Tahun 2022. Pelantikan berlangsung di Ruang Sidang Kemahasiswaan, Gedung Student and Sport Center, Kampus I, UIN Maliki Malang Senin(21/3).

3692_a.jpg

Prosesi pelantikan disertai dengan adanya pengambilan sumpah yang dipimpin langsung oleh Kabiro AAKK. Ketua KPU tingkat Universitas yang dilantik, yakni Masyirul Adim dan disertai oleh tujuh ketua KPU Fakultas. Sedangkan Ketua Panwaslu adalah Arief Tri Atmaja disertai seorang sekretaris dan tujuh orang sebagai Koordinator(Co)Panwaslu di setiap Fakultas.

Pelantikan KPU dan Panwaslu ini berdasarkan SK Rektor nomor 233 Tahun 2022 tentang Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Pemilwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2022. Kabiro Alumni S3 Ilmu Keislaman UINSA Tahun 2016 ini dalam amanatnya menyampaikan agar mahasiswa yang sudah dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

3693_a.jpg


“Saudara telah bersumpah atas nama Allah untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat. Penuhi sumpah itu. Dalam tugas ini, pertanggung jawaban saudara tidak hanya kepada pimpinan Universitas, tapi lebih dari itu yakni kepada Allah SWT.” tegasnya.

Selain itu, Barnoto juga menambahkan kepada semua yang dilantik agar mampu melakukan berbagai tahapan kegiatan secara profesional, dimulai dari perencanaan yang matang, pelaksanaan hingga pelaporan yang jelas dan akuntabel.

Turut hadir saat acara tersebut diantaranya Koordinator Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. H. Iwan Sugiarto, SE, MM., beserta segenap staf bagian kemahasiswaan.

Lebih Lanjut »
Nisfu Sya'ban Bersama UKM Simfoni FM
Kamis, 17 Maret 2022 . in Berita . 387 views
3688_a.jpg
Pengurus UKM Simfoni FM sedang mengaji bersama dalam rangka Nisfu Sya'ban di UKM Simfoni FM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Simfoni FM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan pengajian dan kumpul bersama dalam  rangka menyambut Nisfu Sya'ban. Acara ini digelar di Studio Simfoni FM, Kamis, (17/03/2022).

Acara ini merupakan agenda yang dibuat oleh Manager Off Air Simfoni FM, Andra. Dalam keterangannya, ia menyebut bahwa agenda ini diadakan sebagai salah satu wujud meningkatkan nilai keagamaan bagi para sobat siar (sebutan untuk para crew Simfoni FM) dan juga meningkatkan bonding atau ikatan emosional antar crew. “Mumpung ngumpul di Malang, jadi kita adain aja kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kekeluargaan di Simfoni FM, sekaligus juga kita mencari berkahnya” paparnya.

3689_a.jpg

Kegiatan ini diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, diikuti dengan membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali dan ditutup dengan doa dan shalat Isya berjamaah. Seluruhcrew yang mengikuti agenda ini terlihat sangat khusyu saat pengajian berlangsung. “Alhamdulillah, acaranya khusyu dan terasa banget kalau kita juga jadi lebih dekat dengan para pengurus,” ujar Nara, salah satu crew Simfoni FM.

Pengajian ini diikuti oleh 16 crew yang masih tinggal di Kota Malang. Diharapkan dengan adanya agenda ini, seluruh crew Simfoni FM dapat semakin merekatkan rasa kekeluargaan mereka sekaligus semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.(fara Simfoni FM).

Lebih Lanjut »
KABIRO AAKK: Lahirnya Akhlak Mulia Adalah Tujuan Sistem Pendidikan Nasional
Senin, 7 Maret 2022 . in Berita . 1448 views
3665_a.jpg
Sambutan Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M.PdI dalam kegiatan apel pagi Senin, 07 Maret 2022.

HUMAS-Bertindak sebagai pembina apel pagi kali ini, Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AAKK) UIN Maliki Malang, Dr. Barnoto, M. Pd. I memberikan review singkat tentang tujuan dari sistem pendidikan nasional. Pelaksanaan apel pagi seperti agenda sebelumnya yakni berlokasi di teras depan gedung Rektorat Ir.(HC) Soekarno dan yang bertugas adalah fakultas Ekonomi.Senin(7/3)

3666_a.jpg

Dalam arahannya, kabiro yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala AUAK di IAIN Kediri ini memaparkan tujuan penting dari sistem pendidikan di Indonesia dengan mengacu pada Undang-undang (UU) Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional terutama yang tertuang pada poin atau pasal ketiga. Diungkapkan oleh Barnoto bahwa tujuan dari pendidikan nasional adalah dalam rangka untuk berkembangnya potensi peserta didik. "Menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab", ungkapnya.

Oleh karena itu, masih kata Kabiro AAKK ini bahwa dengan berpacu pada UU tersebut maka apa pun jenis pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia, terutama pembelajaran program studi(prodi) yang dijalankan di UIN Maliki Malang dengan mengedepankan penguatan keilmuan, keimanan dan ketaqwaan maka sebenarnya tujuan dari sistem pendidikan itu adalah terwujudnya akhlak yang mulia. "Sehingga apabila di UIN Maliki Malang, para dosen, seluruh karyawan dan mahasiswanya telah memiliki akhlak mulia, itu sungguh luar biasa sekali", tegasnya.

3667_a.jpg

Hal terebut juga sangat membantu mewujudkan tujuan utama kampus Islam berlogo Ulul Albab ini yakni menjadi universitas unggul bereputasi internasional yang pada akhirnya mencapai level World Class Islamic University. "Namun pastinya semua itu tidak bisa terwujud tanpa adanya kerja keras, kebersamaan dan kedisiplinan. Sehingga apabila pimpinan memiliki cita-cita yang tinggi maka harus sampai titik akar/paling bawah juga bisa berjalan bersama untuk saling mendukung terwujudnya cita-cita itu! ", pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up